Nepotisme Pemimpin di Dunia, Tunjuk Anggota Keluarga Jadi Pejabat

Selasa, 26 November 2019 07:30 Reporter : Hari Ariyanti
Nepotisme Pemimpin di Dunia, Tunjuk Anggota Keluarga Jadi Pejabat Pertemuan Trump dan Erdogan di Gedung Putih. ©2019 REUTERS/Joshua Roberts

Merdeka.com - Praktik nepotisme adalah tindakan orang berkuasa atau berpengaruh yang memberikan jabatan bagi kerabat dan anggota keluarga mereka. Beberapa pemimpin dunia menunjuk anggota keluarga mereka menduduki jabatan tertentu.

Dalam artikel berjudul Nepotisme: Sebuah Panduan Pengguna di laman majalah Town and Country mengulas sekilas sejarah nepotisme. Nepotisme disebut telah menjadi bagian dunia politik selama istilah politik dikenal.

Dilansir dari laman townandcountrymag.com, Senin (25/11), istilah nepotisme berasal dari kata Latin, nepos, yang berarti keponakan. Pada zaman Renaisans awal, ketika para paus yang ambisius, yang (setidaknya secara teori) tidak memiliki keturunan, menunjuk keponakan-keponakan mereka ke posisi-posisi kekuasaan besar di dalam Gereja Katolik.

Politik sekuler juga disebut penuh nepotisme sejak awal. Beberapa tokoh terbesar di Athena klasik, kota yang menciptakan demokrasi, sebenarnya adalah dinasti keluarga yang naik ke tampuk kekuasaan dengan bantuan kekayaan keluarga dan koneksi.

Di era modern dan demokrasi seperti saat ini, praktik ini juga masih terus berlangsung. Merdeka.com merangkum sejumlah pemimpin dunia yang menunjuk anggota keluarganya menduduki jabatan penting dihimpun dari berbagai sumber:

1 dari 5 halaman

Presiden Sri Lanka Tunjuk Kakak Kandung Jadi PM dan Menteri Keuangan

Baru-baru ini, Presiden Sri Lanka terpilih, Gotabaya Rajapaksa menunjuk saudaranya menduduki dua jabatan penting. Setelah menunjuk Mahinda Rajapaksa, sebagai perdana menteri (PM), Mahinda juga ditunjuk menjadi Menteri Keuangan (Menkeu) sementara, televisi pemerintah menyiarkan dalam siaran langsung Jumat (22/11).

Mahinda adalah mantan Presiden Sri Lanka, diambil sumpahnya sebagai Menteri Keuangan dan Pembangunan Kebijakan Ekonomi. Demikian dilansir dari Reuters, Jumat (21/11) sore.

Mahinda juga ditugaskan untuk urusan Buddha, Kebudayaan dan Agama, serta Pembangunan Perkotaan dan Pasokan Air dan Perumahan. Demikian tayangan dari sekretariat presiden saat cara pengambilan sumpah.

Gotabaya Rajapaksa adalah saudara tertua Chamal, seorang legislator, yang dilantik sebagai Menteri Pertanian, Irigasi, Perdagangan Dalam Negeri, dan Kesejahteraan Konsumen.

2 dari 5 halaman

Presiden Turki Erdogan Tunjuk Menantu sebagai Menteri Keuangan

Pada 2018, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menunjuk menantunya Berat Albayrak, sebagai Menteri Keuangan. Penunjukkan dilakukan setelah Erdogan dilantik sebagai presiden dalam lima tahun mendatang.

Albayrak sebelumnya menjabat Menteri Energi sejak 2015. Penunjukannya sebagai Menteri Keuangan dinilai mengguncang pasar. Nilai mata uang Lira Turki anjlok 2 persen.

Dilansir dari BBC, Albayrak digadang-gadang akan menggantikan Mehmet Simsek pakar ekonomi senior, yang juga menjabat sebagai Perdana Menteri di pemerintahan sebelumnya.

Selama kampanye pemilihan, Erdogan berulang kali menyatakan bahwa ia akan lebih aktif dalam bidang ekonomi. Ia ingin menggunakan kekuatan baru untuk mendorong negara lebih maju. Analis dan investor asing mulai cemas atas kemandirian bank sentral negara.

Erdogan memulai masa jabatan barunya menghadapi berbagai tantangan ekonomi, termasuk meningkatnya suku bunga dan inflasi serta nilai mata uang Turki yang sangat terdevaluasi terhadap dolar AS.

Selama kampanye, Albayrak mengatakan bahwa nilai mata uang Turki yang anjlok adalah hasil dari 'operasi pihak asing' yang bertujuan menjatuhkan pemerintah.

3 dari 5 halaman

Presiden Brasil Berencana Tunjuk Putranya Jadi Dubes

Pada pertengahan Juli lalu, Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengumumkan rencana akan menunjuk putranya sebagai duta besar Brasil untuk Amerika Serikat.

Eduardo Bolsonaro, saat ini menjabat sebagai anggota kongres federal. Dia menyampaikan kepada wartawan, akan menerima penunjukan tersebut jika memang dicalonkan. Ayahnya mengatakan sebelumnya bahwa penunjukan itu akan bergantung pada persetujuan putranya.

"Jika itu tugas yang diberikan oleh presiden, saya akan menerima," kata Eduardo kepada wartawan dilansir dari The Guardian, Senin (15/7).

Dia menambahkan, jika resmi ditunjuk sebagai Dubes AS, dia akan secara resmi mengundurkan diri sebagai anggota kongres. Dia juga menyampaikan, pencalonan dirinya sebagai Dubes AS masih menunggu diskusi ayahnya dengan Menteri Luar Negeri, Ernesto Araujo.

Penunjukan itu perlu disetujui oleh komite hubungan luar negeri Senat sebelum lolos ke majelis tinggi untuk konfirmasi. Dubes Brasil untuk AS sebelumnya telah pensiun pada April lalu.

4 dari 5 halaman

Donald Trump Tunjuk Anak dan Menantu Jadi Penasihat

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menunjuk menantunya, Jared Kushner sebagai penasihat senior Gedung Putih. Jabatan ini diberikan sebagai penghargaan untuk suami Ivanka Trump tersebut, usai dia menunjukkan kemampuannya masuk ke dalam Gedung Putih dengan cara legal.

Pengusaha properti dan penerbit majalah yang saat ini masih usia 36 tahun ini dinobatkan sebagai anggota termuda di Gedung Putih.

"Jared merupakan aset berharga dan penasihat terpercaya untuk kampanye kemarin dan saya bangga memiliki dia sebagai kunci kepemimpinan saya dalam bidang administrasi," ujar Trump pada 2017 lalu seperti dikutip dari Channel News Asia.

Menantu Trump ini rela menanggalkan jabatannya untuk melayani dalam pemerintahan. Meski demikian, ada dugaan terpilihnya Kushner sebagai penasihat pemerintahan terkait dengan nepotisme. Karenanya, suami Ivanka sudah menyewa tim hukum jika ada yang menggugatnya.

Tindakan Trump ini bertentangan dengan undang-undang federal, di mana seorang Presiden dilarang untuk mempekerjakan kerabatnya di lingkungan pemerintahan. Peraturan ini dikeluarkan setelah Presiden John F Kennedy menunjuk kakaknya sebagai Jaksa Agung.

Sama dengan suaminya, Ivanka Trump juga menjabat penasihat kepresidenan. Putri pertama Donald Trump itu dikatakan tidak akan menerima gaji sebagai pegawai Gedung Putih.

"Kami dengan bangga menyatakan Ivanka Trump telah terpilih untuk mengambil peran ini sebagai putri sulung dan untuk mendukung presiden," kata pernyataan Gedung Putih, seperti dilansir Stasiun televisi Aljazeera, Kamis (30/3/2017).

Dua bulan sejak ayahnya menjadi presiden, Ivanka secara rutin hadir di Gedung Putih dan punya kantor sendiri di sana. Keterlibatan Ivanka dalam pekerjaan ayahnya sebagai presiden AS menimbulkan kekhawatiran di sebagian kalangan karena hal itu bisa menjadi konflik kepentingan

5 dari 5 halaman

Presiden Turkmenistan Tunjuk Anak Jadi Wakil Menlu

Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdymukhammedov Maret tahun lalu menunjuk putra semata wayangnya, Serdar, 36 tahun, sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Menlu). Sebelumnya Serdar menjabat sebagai Komite Hukum parlemen sejak Maret 2017.

Sebelum menjadi anggota parlemen pada November 2016, Serdar adalah kepala divisi informasi Kementerian Luar Negeri.

Sejumlah pengamat mengkritik, penunjukkan Serdar adalah rencana Gurbanguly untuk mencari presiden pengganti dirinya kelak. [pan]

Baca juga:
Pejabat Turki Kecam Serangan Islamofobia di Australia
Presiden Sri Lanka Tunjuk Saudaranya Rangkap Dua Jabatan Penting, PM dan Menkeu
Warga Muslim Sri Lanka Diliputi Kecemasan Usai Pemilu
Ironi Turkmenistan, Negara Kaya Gas Alam tapi Dibekap Hiperinflasi dan Kelaparan
Presiden yang Tunjuk Keluarganya jadi Pejabat Negara, Salah Satunya di Indonesia

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini