Negara-negara ini berlakukan wajib militer untuk usia muda

Jumat, 29 Juni 2018 06:45 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Negara-negara ini berlakukan wajib militer untuk usia muda Tentara Thailand. ©Istimewa

Merdeka.com - Beberapa negara mewajibkan militer bagi para pemuda. Tujuannya, agar mereka bisa memiliki rasa nasionalisme yang tinggi kepada negara. Selain itu, wamil biasanya diadakan guna meningkatkan kedisiplinan, ketangguhan, keberanian dan kemandirian. Dan wamil diwajibkan bagi para lelaki.

Biasanya para pemuda memilih enggan untuk ikut wajib militer. Banyak yang lebih memilih melarikan diri dari negaranya, daripada ikut wajib militer. Seperti dikutip merdeka.com dari berbagai sumber, berikut beberapa negara yang mewajibkan militer bagi para pemuda:

1 dari 5 halaman

Prancis

Militer Prancis. ©Istimewa

Pemerintah Prancis mewajibkan militer bagi seluruh pria berusia 16 tahun. Wamil ini ditujukan agar masyarakat memiliki rasa nasionalisme lebih tinggi dengan kegiatan di bidang militer atau kemasyarakatan. Program wamil ini akan dilakukan dengan dua tahap, yaitu wajib atau sukarela.

2 dari 5 halaman

Mesir

Militer Mesir. ©Egyptian Streets

Dengan jangka waktu Wajib Militer selama 12 sampai 30 bulan. Wajib Militer di Mesir diwajibkan bagi warga negara yang berusia 18 sampai 30 tahun. Selain itu, untuk menghindari pelanggaran-pelanggaran yang ada.

Pemerintah Mesir tidak mengizinkan Warga Negaranya yang berumur kurang dari 25 tahun berpergian ke luar negeri tanpa persetujuan Kementerian Ketahanan dan Keamanan.

3 dari 5 halaman

Rusia

Militer Rusia. ©Russia Beyond

Negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin ini juga mengharuskan semua warga negara di umur 18 sampai 27 tahun untuk mengikuti wajib militer tanpa terkecuali. Mulanya, jangka waktu dalam pengembangan mental dan karakter pemuda asal Rusia ini adalah 18 bulan.

Namun hal tersebut berubah pada tahun 2008 lalu dan dipangkas menjadi hanya 12 bulan saja karena beberapa faktor yang tidak disebutkan lebih rinci.

4 dari 5 halaman

Korea Selatan

rev1Militer Korea Selatan. ©Korea Portal

Di Korea Selatan, pria berusia 19 (setelah lulus SMA) - 35 tahun akan mendapatkan surat panggilan untuk masuk militer. Kalau tidak mau menjalani wajib militer, seseorang akan dipenjara. Pria yang diwajibkan ikut wamil, termasuk para anggota boyband dan aktor-aktor Korea Selatan.

Penundaan boleh dilakukan dengan alasan belajar, ada anggota keluarga yang meninggal, sakit, saudara juga masih wamil, membesarkan anak dan lain sebagainya. Tapi peraturan ini terus diperbarui oleh Asosiasi Tenaga Kerja Militer Korea. Kini kalau seorang pria sudah berusia 29 tahun, sudah dilarang menunda lagi. Makanya banyak selebritis seperti Lee Min Ho dan Ji Chang Wook, baru mulai wajib militernya di usia ini.

5 dari 5 halaman

Thailand

Militer Thailand. ©VOA News

Berdasarkan aturan yang berlaku di Thailand, pria yang menginjak usia 21 tahun harus mengikuti wajib militer. Aturan tersebut juga diperuntukkan bagi para ladyboy. Mereka berhak mengikuti wajib militer secara sukarela atau melalui undian dengan mengambil kartu.

Jika mendapatkan kartu hitam, mereka terbebas dari wajib militer. Namun, jika mendapatkan kartu merah, mereka harus mengikuti wajib militer selama dua tahun. [has]

Baca juga:
Kendaraan Militer Tentara Amerika Serikat Bisa Berubah Bentuk Dalam Dua Detik Saja
Tambah jatah makan pasukan, jenderal ini dieksekusi mati Kim Jong-un
Kesangaran tentara penembak jitu Prancis kamuflase di rerumputan
Usai bertemu Kim Jong-un, Trump hentikan latihan militer dengan Korsel
Prajurit curi tank, kejar-kejaran dengan polisi di jalan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini