Mursi Diam-diam Dimakamkan di Kairo Dalam Pengawalan Ketat Militer

Selasa, 18 Juni 2019 16:06 Reporter : Pandasurya Wijaya
Mursi Diam-diam Dimakamkan di Kairo Dalam Pengawalan Ketat Militer Muhammad Mursi. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi hari ini dimakamkan di Ibu Kota Kairo setelah dia pingsan di ruang sidang kemarin hingga kemudian diumumkan meninggal.

Tim pengacara Mursi mengatakan keluarga bekas presiden terpilih secara demokratis itu menghadiri pemakaman yang berlangsung tadi pagi.

"Dia dimakamkan di Madinat Nasri, sebelah timur Kairo, dihadiri keluarganya," kata Abdul Munim Abdul Maksud, salah satu pengacaranya, seperti dilansir laman Time, Selasa (18/6).

Putra Mursi, Ahmad Mursi dalam laman Facebooknya mengatakan Mursi dikuburkan ddi pemakaman yang sama dengan para senior Ikhwanul Muslimin.

Menurut dia, pemakaman Mursi dilakukan di Pemakaman Umum Al Wafaa al Amal di Madinat Nasr karena pemerintah menolak permohonan keluarga untuk menguburkan dia di kampung halamannya di Sharqiya di Delta Sungai Nil.

"Kami memandikan jasadnya di rumah sakit penjara Tora, kemudian menyalatkannya di rumah sakit penjara dan pemakamannya dipandu oleh pemimpin spiritual Ikhwanul Muslimin," tulis Ahmad.

Mursi adalah sosok penting di Ikhwanul Muslimim yang kemudian menjadi presiden yang terpilih melalui pemilu pertama kali pada 2012, setahun setelah pecahnya Musim Semi Arab yang kemudian membuat dia dikudeta oleh militer.

Dia dilengserkan pada Juli 2013 setelah unjuk rasa besar-besaran hingga panglima militer Abdul Fatah al-Sisi mengambil alih kekuasaan dan menjadi presiden hingga kini. Mursi ditangkap tak lama dari demonstrasi besar-besaran dan mendekam di penjara hingga kemarin.

Selama di penjara Mursi diketahui mengidap diabetes dan sering ditempatkan di sel isolasi dan dilarang bertemu pengunjung. Keluarganya hanya diberi izin menjenguknya sebanyak tiga kali. Semasa di tahanan Mursi kerap hadir di persidangan.

Ikhwanul Muslimin hari ini menuding pemerintah 'membunuh' Mursi lewat kondisi penjara yang menyedihkan. IM menyerukan penyelidikan internasional soal penyebab kematian Mursi dan mengajak rakyat Mesir berunjuk rasa di luar kedutaan Mesir di seluruh dunia.

Senin malam Jaksa Agung Mesir mengatakan jasad Mursi akan diperiksa untuk menentukan penyebab kematiannya. Stasiun televisi pemerintah mengutip sumber medis anonim mengatakan Mursi meninggal karena serangan jantung.

Mursi jatuh pingsan kemarin setelah dia berbicara dari balik jeruji besi dilapisi kaca di ruang sidang. Pejabat pengadilan mengatakan, Mursi mengancam dia memiliki banyak rahasia yang bisa dia ungkap di persidangan. [pan]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini