Militer Israel Identifikasi Senjata Tentara yang Tewaskan Jurnalis Shireen Abu Aqla

Jumat, 20 Mei 2022 13:27 Reporter : Hari Ariyanti
Militer Israel Identifikasi Senjata Tentara yang Tewaskan Jurnalis Shireen Abu Aqla Jenazah Shireen Abu Akleh yang tewas tertembak tentara Israel. ©2022 Merdeka.comREUTERS/Mohamad Torokman

Merdeka.com - Militer Israel mengidentifikasi senapan tentara yang kemungkinan digunakan untuk menembak jurnalis Al Jazeera, Shireen Abu Aqla. Namun menurut pejabat militer Israel, pihaknya tidak bisa memastikan kecuali Palestina mengembalikan peluru yang menembus leher Shireen untuk diperiksa.

Jurnalis Palestina-Amerika itu tewas ditembak tentara Israel saat liputan penggerebekan tentara Israel di kota Jenin, Tepi Barat yang diduduki pada Rabu (11/5). Pekan lalu Israel meminta dilakukan investigas bersama dengan otoritas Palestina dan meminta peluru dikembalikan, tapi Palestina menolak permintaan tersebut dengan alasan Israel tidak dapat dipercaya.

Tentara Israel mengklaim Shireen tertembak saat terjadi pertempuran antara pasukan Israel dan milisi bersenjata Palestina dan tidak bisa dipastikan siapa yang menembakkan peluru tersebut tanpa pemeriksaan yang layak. Namun pejabat Palestina dan jurnalis yang meliput bersama Shireen mengatakan tidak ada milisi Palestina di sekitar TKP dan hanya ada tentara Israel di sekitar tempat tersebut.

Dikutip dari laman Al Arabiya, Jumat (20/5), pejabat militer Israel menekankan, sementara sumber tembakan masih belum jelas, mereka telah menelusuri senjata pasukan Israel yang mungkin terlibat dalam baku tembak di TKP di mana Shireen berada.

Pejabat ini kembali meminta Palestina mengembalikan peluru tersebut agar pihaknya bisa membandingkan peluru tersebut dengan laras senjata.

"Dan memeriksanya apakah ada kecocokan," ujar pejabat yang meminta tak disebutkan namanya ini karena mengikuti arahan militer.

Pekan lalu, militer Israel merilis hasil penyelidikan awal dan mengungkapkan dua kemungkinan penyebab kematian Shireen. Pertama, Shireen kemungkinan ditembak milisi Palestina selama baku tembak dengan pasukan Israel. Kedua, Shireen kemungkinan ditembak tentara Israel yang menembak melalui sebuah lubang dalam kendaraan militer saat tentara itu menembak pria Palestina bersenjata yang mengarahkan tembakannya ke kendaraan militer Israel. Disebutkan juga Israel tidak bisa memastikan sumber tembakan tanpa memeriksa pelurunya.

Palestina melakukan penyelidikan sendiri dan Jumat lalu jaksa penuntut Palestina mengatakan temuan awal penyelidikan menunjukkan Shireen sengaja ditembak tentara Israel. Jaksa ini mengatakan penyelidikan akan berlanjut.

Baca juga:
Polisi Militer Israel Tak Akan Selidiki Pembunuhan Jurnalis Shireen Abu Aqla
Potret Lawas Pengungsi Yahudi Tiba di Palestina, Ironi Air Susu Dibalas Air Tuba
Israel Tangkap Warga Palestina Pengusung Peti Jenazah Jurnalis Shireen Abu Aqla
Pasukan Israel Serang Pawai Peringatan Hari Nakba ke-74, 16 Orang Palestina Terluka
Brutalnya Israel Serang Pelayat Jurnalis yang Dibunuhnya, Jenazah Hampir Jatuh
Komisaris HAM PBB: 33 Terluka Saat Israel Serang Prosesi Pemakaman Shireen Abu Aqla

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini