Militer Iran masuk ke Yaman, kirim kapal perang ke Teluk Aden

Kamis, 9 April 2015 11:12 Reporter : Ardyan Mohamad
Militer Iran masuk ke Yaman, kirim kapal perang ke Teluk Aden Kapal perang Angkatan Laut Iran. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah berulang kali dituding sebagai penyokong utama pasukan pemberontak Houthi, Iran perlahan terlibat langsung pada konflik Yaman. Angkatan Laut Iran mengirim kapal perusak 'Alborz' dan 'Bushehr' ke Teluk Aden, di selatan Yaman.

Sejauh ini, petinggi militer Negeri Para Mullah membantah kapal perang itu terkait konflik di Yaman. Alasan yang dipakai adalah adanya peningkatan aktivitas bajak laut di sekitar Teluk Aden.

"Dua kapal itu kami kirim untuk menjaga keamanan kapal-kapal Iran dan melindungi kepentingan Republik Islam ini di laut lepas," kata Laksamana Muda Habibollah Sayyari kepada Press TV, Kamis (9/4).

Sayyari menyatakan tujuan akhir dua kapal itu adalah pantai utara Samudera Hindia. Sebelum ke lokasi yang dituju, dua kapal tempur ini diperintahkan berpatroli ke Teluk Aden, sisi selatan Yaman, hingga Laut Merah.

Bukan sekali ini Iran mengirim kapal tempur menghalau perompak. Pada Februari 2015, dua unit kapal perang Iran dari Pangkalan Bandar Abbas terlibat pembebasan kapal tanker yang sempat dikuasai empat perahu pembajak, 75 nautikal mil dari pantai Kota Mukalla, Yaman.

Sementara itu, Iran oleh pelbagai dokumen dan laporan intelijen, disebut pihak yang turut bermain dalam konflik Iran. Keterlibatan republik bermazhab Islam Syiah itulah yang memicu Arab Saudi menggalang kekuatan bersama sembilan anggota Liga Arab lainnya, untuk menggempur pemberontak Houthi.

Sejak akhir bulan lalu, Kementerian Luar Negeri Iran sudah mengecam serangan udara Liga Arab sebagai 'agresi militer'.

"Iran mendesak semua agresi militer dan serangan udara terhadap Yaman dan rakyatnya segera dihentikan. Aksi militer di Yaman, yang sedang menghadapi krisis domestik, akan semakin memperburuk situasi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Marzieh Afkham (26/3). [ard]

Topik berita Terkait:
  1. Iran
  2. Yaman Digempur
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini