Mesir dan Lebanon Umumkan Ramadan Jatuh Pada Selasa

Senin, 12 April 2021 10:13 Reporter : Hari Ariyanti
Mesir dan Lebanon Umumkan Ramadan Jatuh Pada Selasa Lentera Ramadan di Mesir. ©FamilyHoliday.net

Merdeka.com - Otoritas keagamaan di Mesir dan Lebanon mengumumkan pada Minggu (11/4), bulan suci Ramadan akan jatuh pada Selasa, 13 April.

“Tanggal 13 April akan menjadi hari pertama Ramadan,” jelas Dar al-Ifta Mesir, lembaga yang menerbitkan fatwa keagamaan di negara tersebut dalam pernyatannya, dikutip dari Al Arabiya, Senin (12/4).

Di Lebanon, ulama ternama Muslim Sunni, Imam Besar Sheikh Abdellatif Deryan juga mengonfirmasi bulan suci Ramadan akan mulai pada Selasa.

Awal Ramadan ditentukan oleh penghitungan bulan dan hilal yang menentukan kapan bulan berakhir dan masuknya bulan baru.

Arab Saudi menyampaikan bulan sabit, yang digunakan untuk menandai awal bulan, tidak terlihat pada Minggu dan komite observasi akan bertemu kembali pada Senin malam.

Puasa Ramadan adalah salah satu rukun Islam. Muslim akan menahan diri dari makan dan minum dari fajar sampai terbenamnya matahari, dan biasanya Muslim di seluruh dunia akan berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk berbuka puasa.

Muslim juga akan melaksanakan salat tarawih secara berjemaah pada malam hari. Tetapi karena pandemi Covid-19, banyak negara mayoritas Muslim menerapkan pembatasan Jemaah termasuk pemberlakuan jam malam dan perintah salat di rumah. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini