Menteri Luar Negeri Belarusia Meninggal Secara Mendadak

Minggu, 27 November 2022 09:32 Reporter : Hari Ariyanti
Menteri Luar Negeri Belarusia Meninggal Secara Mendadak Menteri Luar Negeri Belarusia, Vladimir Makei. ©WANA (West Asia News Agency)/Handout via REUTERS

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri Belarusia, Vladimir Makei meninggal secara mendadak, seperti dilaporkan kantor berita pemerintah Belarusia, Belta pada Sabtu. Makei meninggal dua hari sebelum dia dijadwalkan bertemu Menteri Luar Negeri Rusia.

"Menteri Luar Negeri Vladimir Makei meninggal dunia secara mendadak," lapor Belta, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut, dikutip dari Reuters, Minggu (27/11).

Makei menjabat Menlu sejak 2012.

Awal pekan ini, Makei (64) menghadiri konferensi Collective Security Treaty Organization (CSTO) - aliansi militer beberapa negara bekas Soviet - di Yerevan dan berencana bertemu Menlu Rusia Sergei Lavrov pada Senin besok.

Sebelum pemilu dan unjuk rasa anti pemerintah di Belarusia pada 2020, Makei merupakan salah satu pihak yang menggagas peningkatan hubungan Belarusia dengan Barat dan mengkritik Rusia. Namun dia mengubat sikapnya setelah unjuk rasa massal dan menyebut demo tersebut didorong oleh agen-agen Barat.

Setelah invasi Rusia di Ukraina, Makei mengatakan Barat yang memprovokasi perang dan pemerintah Ukraina harus sepakat dengan syarat perdamaian yang diajukan Rusia.

Beberapa hari sebelum perang, Makei berjanji tidak akan ada serangan ke Ukraina dari perbatasan Belarusia. Beberapa hari kemudian, tentara Rusia membuktikan pernyataan Makei itu salah.

"Kami kaget dengan berita kematian Menteri Luar Negeri Republik Belarusia Vladimir Makei," jelas juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova di saluran Telegramnya.

"Ucapan belasungkawa resmi akan segera dipublikasikan," ujarnya.

Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko juga mengungkapkan belasungkawa atas wafatnya Makei. [pan]

Baca juga:
Putin Dapat Kado Mencengangkan Saat Berulang Tahun ke-70
Organisasi & Aktivis HAM Asal Rusia, Ukraina, & Belarusia Raih Nobel Perdamaian 2022
Iran Gelar Turnamen Drone Militer dengan Rusia, Armenia, Belarusia
AS Beri Senjata Canggih ke Ukraina buat Lawan Rusia, Dahsyat saat Diluncurkan
Masjid di Rusia Berisi Kaligrafi Ayat Kursi, Dibawa Mega Ukiran dari Jepara
Bank Dunia Hentikan Semua Proyek di Rusia dan Belarusia Setelah Serang Ukraina

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Belarusia
  3. Rusia
  4. Viral Hari Ini
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini