Menteri Kesehatan Ekuador Mundur Usai Ketahuan Dapat Vaksin Lebih Dulu Bersama Ibunya

Senin, 1 Maret 2021 16:36 Reporter : Hari Ariyanti
Menteri Kesehatan Ekuador Mundur Usai Ketahuan Dapat Vaksin Lebih Dulu Bersama Ibunya covid-19 di ekuador. ©Santiago Arcos/Reuters

Merdeka.com - Menteri Kesehatan Ekuador, Juan Carlos Zevallos mengundurkan diri setelah menuai kritikan terkait rencana distribusi vaksin Covid-19, skandal vaksinasi terbaru yang mengacaukan pemerintahan di Amerika Selatan itu.

Juan Carlos Zevallos mengajukan pengunduran dirinya pada Jumat setelah klaim penyimpangan program vaksinasi yang mulai dilakukan pemerintah pada Januari.

Zevallos sedang diselidiki jaksa negara atas penyalahgunaan peluncuran vaksinasi setelah dia ikut disuntik vaksin di sebuah panti jompo di mana ibunya tinggal.

“Mengingat situasi politik saat ini, dan untuk memungkinkan kelangsungan Rencana Vaksinasi Nasional, saya mengajukan kepada Anda, Bapak Presiden, pengunduran diri yang tidak dapat dibatalkan dari jabatan Menteri Kesehatan (saya),” kata Zevallos dalam sebuah surat yang dibagikan Presiden Lenin Moreno di Twitter.

“Ada mereka yang hanya melihat kesalahan. Saya menghormati opini itu. Saya lebih suka mengingat menteri yang menerima tugas sulit memimpin tanggapan negara terhadap krisis kesehatan terburuk yang Ekuador dan dunia alami, (menteri) yang membantu menyelamatkan ratusan ribu nyawa dengan kerja dan pengorbanan,” tulis Presiden Moreno, dikutip dari Al Jazeera, Senin (1/3).

Majelis Nasional telah membahas pemakzulan Zevallos karena buruknya penanganan terhadap pandemi dan buruknya proses vaksinasi.

Ekuador telah melaporkan hampir 252.000 kasus Covid-19 dan lebih dari 15.700 angka kematian, menurut data Universitas John Hopkins. Pandemi juga telah memperburuk krisis ekonomi di negara tersebut, menuai kemarahan publik.

Baca Selanjutnya: Skandal vaksinasi di Argentina dan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini