Menkes Inggris: Virus Corona Varian India 40 Persen Lebih Mudah Menular

Minggu, 6 Juni 2021 18:04 Reporter : Pandasurya Wijaya
Menkes Inggris: Virus Corona Varian India 40 Persen Lebih Mudah Menular Penyuntikan Vaksin Covid-19 di Inggris. ©2020 REUTERS/Pool

Merdeka.com - Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock hari ini mengatakan virus corona yang pertama kali diidentifikasi di India sekitar 40 persen lebih mudah menular ketimbang virus corona varian Inggris yang menjadi penyebab meningkatnya kasus Covid-19 pada musim dingin lalu.

"Angkanya sekitar 40 persen lebih menular. Artinya lebih sulit menangani virus varian Delta ini," ujar Hancock menyebut nama baru varian India kepada Sky News, seperti dilansir laman the Times of Israel, Minggu (6/6).

Varian Inggris sendiri dikatakan lebih mudah menular ketimbang varian virus corona sebelumnya.

Namun menurut Hancock, dua dosis vaksin yang ada memberikan "perlindungan yang sama seperti terhadap varian yang lama".

Pekan lalu, Badan Kesehatan Masyarakat Inggris mengatakan bukti awal memperlihatkan ada kemungkinan peningkatan risiko keterisian rumah sakit dari varian Delta ini.

Pernyataan Hancock ini menyusul ditemukannya varian Delta yang menjadi dominan di Inggris setelah beberapa pekan angka kasus positif turun. Pemerintah tadinya akan melonggarkan penyekatan pada 21 Juni mendatang.

"Kami belum mengetahui potensi kemampuan vaksin menghadapi mutasi virus itu dan kami tidak ingin mengambil risiko untuk rencana 21 Juni," kata Menteri Transportasi Grant Shapps.

Inggris sejauh ini mencatat hampir 128.000 kematian, angka tertinggi di Eropa. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini