Menhan Korsel Bersurat ke Prabowo Sampaikan Belasungkawa Tenggelamnya Nanggala-402

Senin, 26 April 2021 12:15 Reporter : Hari Ariyanti
Menhan Korsel Bersurat ke Prabowo Sampaikan Belasungkawa Tenggelamnya Nanggala-402 kronologi penemuan KRI Nanggala 402. ©2021 Merdeka.com/youtube.com

Merdeka.com - Kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam dan 53 prajurit di dalamnya gugur. Kapal ini ditemukan pada Minggu setelah menghilang sejak Rabu lalu. Kapal ditemukan terbelah menjadi tiga bagian.

Ungkapan dukacita mengalir dari berbagai pihak, termasuk Menteri Pertahanan (Menhan) Korea Selatan, Suh Wook. Menhan Suh Wook bersurat ke Menhan RI, Prabowo Subianto mengungkapkan belasungkawa atas musibah yang menimpa KRI Nanggala-402 dan para prajurit di dalamnya.

“Menteri Pertahanan Republik Korea, Suh Wook mengirim surat kepada Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto untuk menyampaikan duka cita atas musibah KRI Nanggala-402,” jelas Atase Pertahanan Kedutaan Besar Korea Selatan untuk RI, Kapten (AL) Jung Yeunsoo melalui siaran pers yang diterima merdeka.com, Senin (26/4).

Jung mengatakan, ungkapan duka cita juga disampaikan melalui akun Facebook resmi Kementerian Pertahanan Korea Selatan, yang ditulis dalam bahasa Korea.

Dalam surat Menhan Korsel kepada Prabowo, disampaikan bahwa Korea Selatan siap memberikan dukungan penuh terhadap Indonesia.

“Menteri Suh juga berharap agar Indonesia segera mengatasi situasi dan menyampaikan harapannya agar TNI RI dapat terus berjaya sebagai tentara yang tangguh,” pungkasnya.

KRI Nanggala-402 yang sedang dalam misi latihan penembakan torpedo itu ditemukan di perairan Bali. Badan kapal ditemukan pada 25 April kemarin sekitar pukul 01.00 WITA setelah KRI Rigel-933 melalui multibeam echosounder menemukan kontak bawah air yang signifikan di sekitar lokasi posisi jatuh atau saat tenggelamnya pada kedalaman 838 meter. Kemudian karena peralatan KRI Rigel hanya mampu 800 meter sehingga dilanjutkan pengambilan detailnya oleh MV Swift Rescue kapal bantuan Singapura.

Selanjutnya benda tersebut diidentifikasi MV Swift Rescue pada 07.37 WITA, yang menurunkan ROV menindak lanjuti kontak bawah laut yang diberikan KRI Rigel-933. Pada pukul 09.04 WITA, ROV mendapatkan kontak visual terletak pada koordinat 07° 48' 56'' S - 114° 51' 20" T tepat dari datum kurang lebih 1500 yard di selatan pada kedalaman 838 meter terdapat bagian-bagian KRI Nanggala-402. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini