Mengenal Robot 'Mitra', Asisten Tim Medis di India Tangani Pasien Virus Corona

Sabtu, 14 November 2020 07:29 Reporter : Hari Ariyanti
Mengenal Robot 'Mitra', Asisten Tim Medis di India Tangani Pasien Virus Corona Robot 'Mitra' di sebuah rumah sakit di Bangalore, India.. ©Manjunath Kiran/AFP

Merdeka.com - India menggunakan robot untuk membantu tim medis dalam melawan Covid-19. Robot yang bernama Mitra ini digunakan untuk menghubungkan dokter dan perawat dalam berkomunikasi dengan pasien.

Invento Robotics yang berbasis di Bangalore telah merancang tiga robot untuk menjalankan tugas mulai dari mendisinfeksi permukaan hingga menjawab pertanyaan pasien dan memungkinkan konsultasi video dengan dokter.

Dari delapan perusahaan yang sejauh ini telah diterapkan, model yang paling populer adalah Mitra, yang berarti teman dalam bahasa Hindi dan harganya sekitar USD 10.000 atau sekitar Rp 142 juta.

Robot yang dirancang menggunakan teknologi pengenalan wajah tersebut, dapat mengingat nama serta wajah pasien yang berinteraksi dengannya. Mitra dapat menjelajahi rumah sakit secara mandiri, membantu pasien terhubung dengan keluarga dan dokter melalui kamera dan layar video yang dipasang pada dadanya.

"Mitra bisa menjadi perawat atau asisten dokter, membantu membaca laporan dan tanda vital, serta mengingatkan mereka tentang jadwal pengobatan," jelas CEO Invento Robotics, Balaji Viswanathan, seperti dikutip dari CNN, Jumat (13/11).

Viswanathan menambahkan, robot mirip manusia itu terlibat dengan pasien dan mendapatkan kepercayaan mereka.

"Ini mungkin terdengar ironis tetapi kami menggunakan robot untuk membawa manusia ke rumah sakit," ujarnya.

Rumah Sakit Yatharth di kota Noida, India utara juga telah mengerahkan dua robot Mitra. Mereka menempatkan satu di pintu masuk untuk menyaring pasien dari gejala virus corona dan yang lainnya di unit perawatan intensif.

"Di dalam ICU kami, Mitra membantu pasien terhubung dengan keluarga mereka melalui saluran video dan mengizinkan keluarga pasien untuk melihat ke dalam," jelas direktur rumah sakit, Kapil Tyagi.

"Pasien merasa senang dan positif setiap kali robot mengunjungi mereka, dan mereka juga sering berfoto selfie dengan Mitra," tambahnya.

Baca Selanjutnya: Diciptakan Sepasang Suami Istri...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini