Mekanik tank ini tak menyangka temukan emas senilai Rp 33,2 miliar

Kamis, 13 April 2017 11:48 Reporter : Yulistyo Pratomo
Mekanik tank ini tak menyangka temukan emas senilai Rp 33,2 miliar Emas di dalam tank. ©2017 Carter

Merdeka.com - Ahli tank ini tak pernah menyangka upayanya untuk memperbaiki sebuah tank Rusia yang dibelinya ternyata menyimpan emas batangan bernilai miliaran rupiah. Jika dihitung, seluruh emas itu seharga Rp 33,2 miliar, padahal dia cuma membelinya dengan harga Rp 499,4 juta.

Dilansir dari laman mirror.co.uk, Kamis (13/4), lelaki itu bernama Nick dan Todd Chamberlain. Dia membelinya tang T54 Type 69 main battle tank dari tangan Joe Hewes (23) yang tidak pernah menyangka di dalam barang yang dijualnya menyimpan emas batangan.

Tank ini merupakan pampasan perang yang direbut tentara inggris di Kuwait pada 1990 lalu. Alat perang saat negara-negara sekutu berusaha membebaskan Kuwait dari aksi invasi Irak, diduga emas itu merupakan barang curian.

"Saya tidak pernah berpikir kami akan mendapatkan apapun dari dalamnya. Kami hanya bekerja dan setelah memisahkan semuanya bersama para pekerja di sini, kami tidak berpikir semuanya akan berubah. Yang pasti setiap batangan yang didapatkan akan menjadi bonus," kata Nick (55).

Nick mengaku merekam pekerjaannya untuk menjadi kenangan saat menemukan peluru atau senjata di dalamnya, karena dia dan timnya mencari peluru tua. "Kami tertawa soal kejadian itu dan saya yakin kami sangat beruntung mendapatkan sesuatu dari sana."

Sementara, Joe yang pernah memiliki tank itu mengaku tidak merasa kecewa atas penemuan itu. Dia hanya berharap hanya mendapatkan kembali sebuah pint.

"Ini sangat hebat dan temuan luar biasa jadi saya harap mereka menyimpannya. Semua orang berpikir sata akan hancur setelah kehilangan sebuah keberuntungan tetapi saya tidak terlalu kecewa karena saya mendapatkan sedikit uang yang adil dan sebuah tank tentunya," katanya.

Joe bekas pemilik tank berisi emas ©2017 Carter

Joe sendiri pernah memperbaiki tank tersebut. Dia menggantinya dengan trek baru dan tidak pernah menemukan harta karun itu.

Kini, emas-emas tersebut disita polisi dan aparat berwenang tengah mencari apakah benda tersebut pernah dicuri dalam laporan-laporan yang diterima. [tyo]

Topik berita Terkait:
  1. Emas
  2. Inggris
  3. Harta Karun
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini