Media Asing Soroti Ketatnya Pengamanan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf di Jakarta

Minggu, 20 Oktober 2019 12:38 Reporter : Pandasurya Wijaya
Media Asing Soroti Ketatnya Pengamanan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf di Jakarta pengamanan di makassar. ©2019 Merdeka.com/Salviah Ika Padmasari

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo hari ini dilantik sebagai presiden Republik Indonesia periode kedua bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Jakarta.

Sejumlah media luar negeri menyoroti ketatnya pengamanan pelantikan Jokowi-Ma'ruf ini.

Media asal Singapura the Straits Times menulis, ada sekitar 30.000 tentara dan polisi yang berjaga sepanjang malam di Ibu Kota Jakarta. Tidak seperti pelantikan pada periode pertama 2014 yang dirayakan dengan pertunjukan musik dan kereta kencana di tengah kerumunan ribuan masyarakat.

Laman News.com.au dari Australia menulis Jakarta dalam kondisi diblokade dan puluhan tersangka teroris ditangkapi jelang pelantikan.

Dalam beberapa pekan terakhir lebih dari 36 tersangka teroris, termasuk dua mantan polwan, dibekuk karena merencanakan bom bunuh diri dan merakit bahan peledak.

Pekan lalu, dua tersangka militan simpatisan kelompok teroris ISIS mencoba membunuh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto di Pandeglang, Banten, tulis media Australia itu.

Hampir semua pemimpin negara ASEAN juga turut hadir dalam pelantikan Jokowi hari ini. Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, pemimpin Vietnam, Myanmar, dan Filipina serta Kamboja juga dijadwalkan hadir.

Selain itu Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Wakil Presiden China Wang Qishan dan perwakilan dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump, juga akan. Total sembilan pemimpin negara dan sembilan perwakilan serta duta besar berbagai negara juga akan menyaksikan langsung pelantikan Jokowi-Ma'ruf.

1 dari 1 halaman

Ucapan Selamat dari para Kepala Negara

Jokowi mendapat ucapan selamat dari para kepala negara sahabat atas kembali dilantiknya sebagai presiden periode 2019-2024. Ucapan itu disampaikan para kepala negara sahabat saat bertemu Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Minggu (20/10).

Pada pukul 09.00 hingga 10.20 WIB tadi, Jokowi menerima Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteti Australia Scott Morisson, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, dan Raja Eswatini Raja Mswati III. Mereka bertemu Jokowi satu per satu dengan waktu hanya sekitar 20 menit.

"Beliau sampaikan ucapan selamat pada presiden untuk masa jabatan berikutnya dan yakin membawa Indonesia lebih baik," ujar Menteri Luar Negeri periode 2014-2019 Retno Marsudi, usai mendampingi Jokowi.

Jokowi bersama Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR Jakarta pada hari ini. Acara pelantikan dimulai pukul 14.00 WIB.

Usai pelantikan, mantan Walikota Solo itu kembali menerima tamu negara. Kali ini, Jokowi akan menerima Wakil Presiden China, Wang Qishan, Wakil Presiden Sosialis Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh, serta Wakil Presiden Myanmar, Henry Van Thio.

Kemudian, menerima utusan khusus negara sahabat. Mereka antara lain, Utusan Khusus Presiden Republik Korea Noh Young-min, Utusan Khusus Presiden Filipina Theodoro Locsin, dan Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang Nakayama Norihiro.

Selanjutnya, Utusan Khusus Presiden Persatuan Emirat Arab Y.M. Sheikh Nahyan Mabarak Al Nahyan dan Utusan Khusus Presiden Amerika Serikat Hon. Elaine L. Chao. [pan]

Baca juga:
Jelang Pelantikan, Jokowi Sambut Sejumlah Tamu Negara di Istana
Ketua MPR Pastikan Prabowo dan Sandiaga Hadir Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin
Pamdal Gedung DPR, Tak Pulang 2 Hari Tapi Bangga Jadi Saksi Pelantikan Presiden
Pelantikan Presiden, Pesawat Tanpa Awak akan Intai Sniper di Luar TNI-Polri
Dewi Perssik Hibur Anggota TNI-Polri di Depan Gedung DPR
Ada Pelantikan Presiden, Begini Suasana Bundaran HI Saat CFD Ditiadakan

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini