Masjid Al Aqsa Kebakaran, Tidak Ada Kerusakan Signifikan

Selasa, 16 April 2019 12:11 Reporter : Merdeka
Masjid Al Aqsa Kebakaran, Tidak Ada Kerusakan Signifikan Masjid Al Aqsa. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Kebakaran terjadi di Masjid Al Aqsa, Yerusalem, Senin (15/4) malam waktu setempat. Kebakaran terjadi di kamar penjaga di luar atap ruang salat Marwani, kata Antar al-Hazmawi, seorang penjaga Masjid Al Aqsa yang dikonfirmasi oleh The New Arab, dikutip pada Selasa (16/4).

Pemadam kebakaran departemen Wakaf Islam di Yerusalem berhasil mengendalikan api. Sementara daerah itu kini ditutup untuk pemeriksaan dugaan penyebab kebakaran.

Polisi Israel telah membuka penyelidikan atas insiden itu, yang dilaporkan melibatkan pemeriksaan terhadap seorang penjaga, yang seharusnya bertugas pada saat insiden.

Seorang penjaga Masjid Al Aqsa memberi tahu The New Arab bahwa ada jeda pendek saat rotasi penjaga dari yang biasanya sekitar 19.15 menjadi 19.30 malam waktu lokal.

Kepolisian Israel kepada outlet media Al Araby, mengatakan, mereka sedang membuka investigasi atas insiden tersebut, Sputnik International melaporkan, dikutip pada Selasa (16/4).

Muncul dugaan sementara, si jago merah disulut oleh anak-anak yang bermain-main api, menurut pernyataan awal dari Departemen Wakaf Islam Masjid Al Aqsa.

Pernyataan wakaf mendesak para jamaah "yang tinggal di sekitar masjid dan di Kota Tua Yerusalem untuk mendidik anak-anak mereka untuk tidak bermain api, terutama di dalam Masjid Al Aqsa."

Kebakaran itu tidak menyebabkan kerusakan yang signifikan, tetapi membahayakan bagian dari situs ibadah yang berusia lebih dari 2.000 tahun.

Api diketahui melahap ruang jaga di luar Ruang Salat Al Marwani Senin malam, demikian menurut pernyataan pihak berwenang.

Departemen Wakaf Masjid Al Aqsa memuji aksi responsif petugas pemadam kebakaran yang dengan cepat memadamkan api.

Israel tengah menduduki dan menjalankan pemerintahan de facto di seluruh Yerusalem sejak 1967, ketika merebut wilayah itu dari Yordania.

Saat ini, kota itu tengah menjadi persengkataan antara Israel dan Palestina yang sama-sama mengklaim Yerusalem sebagai ibu kota mereka.

Reporter: Rizki Akbar Hasan [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini