Masjid berusia 470 tahun dibuka kembali di Turki

Sabtu, 30 November 2013 15:38 Reporter : Pandasurya Wijaya
Masjid berusia 470 tahun dibuka kembali di Turki Masjid Piri Mehmet Pasha di Istanbul Turki. ©worldbulletin.net

Merdeka.com - Sebuah masjid berusia 470 tahun di Istanbul, Turki, kembali dibuka untuk umum. Masjid bernama Piri Mehmet Pasha itu kemarin sudah digunakan untuk ibadah salat Jumat.

"Kita sekarang sedang menyaksikan sejarah. Berkat masjid ini maka warga di Istanbul kini bisa bersalat di tempat yang pemandangannya sangat indah," kata Wali Kota Fatih, Mustafa Demir saat pembukaan masjid, kemarin, seperti dilansir situs worldbulletin.net, Sabtu (30/11).

Reruntuhan masjid dari zaman Byzantium itu ditemukan pada 2007. Pemerintah Turki kemudian merenovasi masjid itu dan selesai pada 2012. Baru setahun kemudian masjid itu dibuka kembali.

Dalam pidato pembukaannya Mustafa Demir mengatakan pentingnya menjaga kelestarian monumen-monumen dan peninggalan sejarah lainnya.

"Monumen itu penting bagi kota. Hal yang membuat sebuah kota menjadi sangat berarti adalah monumen. Jika tidak dijaga maka kota akan terasa hambar," kata dia.

"Satu-satunya yang membedakan Istanbul dengan kota lain di dunia adalah di sini kita memiliki berbagai monumen bersejarah dari beberapa peradaban berbeda selama 2.700 tahun."

Setelah acara pembukaan dan pelaksanaan salat Jumat, warga muslim dijamu dengan berbagai makanan tradisional. [fas]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Turki
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini