Masa depan Amerika di tangan Donald Trump

Kamis, 10 November 2016 06:06 Reporter : Pandasurya Wijaya
Masa depan Amerika di tangan Donald Trump Donald Trump.
4. Trump ditakutkan akan menjadi diktator

Merdeka.com - Pengamat politik dan penulis New York Magazine Andrew Sullivan menilai kemenangan Trump akan membuat AS menjadi negara yang dipimpin seorang diktator.

Dalam majalah New York edisi awal bulan ini, Sullivan menulis, 'Ketika demokrasi sudah mencapai tahap terjauhnya, seperti yang dibilang Plato, 'sosok seorang yang akan menjadi tiran akan merebut kesempatannya'. Dan kesempatan itu, kata Sullivan, yang terjadi di Amerika Serikat sekarang.

"Dia sangat-sangat tertarik dengan kekuasaan. Dan itu bukanlah cara Amerika. Bukan watak demokrasi. Itu adalah watak anti-demokrasi. Dan menurut saya, ada unsur dalam budaya Amerika yang menurut Washington sudah rusak. Maka dari itu mereka ingin menghancurkannya sekalian dan menggunakan Trump untuk melakukannya," ujar Sullivan.

Penulis asal Inggris itu mengatakan Trump bukan saja politikus yang berbahaya tapi dia juga mengancam keberlangsungan demokrasi ala Amerika.

"Pemahaman dia (Trump) tentang bagaimana meraih kekuasaan bertentangan dengan cara Amerika. Rakyat Amerika meyakini kekuasaan seharusnya tersebar dan maka dari itu tidak boleh ada raja. Sedangkan Trump, menurut dia, berbagi kekuasaan, atau diawasi, diperiksa oleh lembaga lain, atau bahkan oleh pers, adalah sebuah kutukan."

Jika, orang macam Trump naik jadi presiden, ujar Sullivan, maka sama saja rakyat Amerika sedang menciptakan krisis konstitusi. Dia akan menjadi diktator.

Baca juga:

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini