Mantan Menhan Meksiko Ditahan di AS karena Terlibat Kartel Narkoba

Rabu, 21 Oktober 2020 16:04 Reporter : Iqbal Fadil
Mantan Menhan Meksiko Ditahan di AS karena Terlibat Kartel Narkoba Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Salvador Cienfuegos. ©Reuters

Merdeka.com - Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Salvador Cienfuegos (72) ditahan di Amerika Serikat pada hari Selasa, sambil menunggu persidangannya atas tuduhan perdagangan narkoba.

Seorang hakim pengadilan magistrat AS juga memerintahkan Cienfuegos dikirim ke New York untuk diadili tanpa uang jaminan. Cienfuegos sebelumya ditangkap di Bandara Internasional Los Angeles pekan lalu.

Dikutip dari Reuters, Rabu (21/10), Hakim hakim Alexander MacKinnon menolak permintaan dari pengacara Cienfuegos untuk pembebasannya dengan jaminan USD750.000, dengan mengatakan bahwa posisi menonjol dan hubungannya dengan Meksiko menimbulkan risiko penerbangan yang signifikan.

"Tidak ada kondisi yang dapat menjamin kehadiran terdakwa pada proses pengadilan di masa depan," kata hakim.

Cienfuegos didakwa di pengadilan federal di New York atas empat dakwaan perdagangan narkoba dan pencucian uang. Jaksa penuntut mengatakan dia menerima suap sebagai imbalan untuk melindungi anggota kartel narkoba, termasuk memperingatkan mereka tentang penyelidikan AS.

Dia dituduh menggunakan kantornya untuk melindungi kartel narkotika H-2, cabang dari kartel Beltran-Leyva, mengarahkan operasi melawan geng saingan, dan menemukan transportasi laut untuk pengiriman obat-obatan termasuk heroin, kokain, metamfetamin, dan mariyuana.

Cienfuegos belum mengajukan pembelaan atas dakwaan tersebut.

Baca Selanjutnya: The Godfather...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Meksiko
  3. Kartel Narkoba
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini