Malaysia Liburkan 400 Sekolah karena Kabut Asap dari Indonesia

Rabu, 11 September 2019 14:56 Reporter : Merdeka
Malaysia Liburkan 400 Sekolah karena Kabut Asap dari Indonesia Pemandangan Wilayah Malaysia Diselimuti Kabut Asap dari Indonesia. ©ABDUL HAKIM/AFP

Merdeka.com - Lebih dari 400 sekolah di Malaysia terpaksa ditutup, asap yang berasal dari kebakaran tersebut menurunkan kualitas udara, yang mengakibatkan udara tidak sehat. Abu dari kebakaran tersebut telah merambat ke negara lain seperti Thailand hingga Filipina.

Kementerian Pendidikan Malaysia hari ini mengatakan, pihak berwenang memerintahkan untuk menutup sekolah di Negara Bagian Sarawak setelah kualitas udara di sana dikabarkan menjadi "sangat tidak sehat", yaitu antara 201-300 pada indeks kualitas udara.

Dilansir dari Bloomberg, Selasa (10/9), kabut asap juga melanda provinsi sebelah selatan Filipina dan Songkhla di Thailand.

Indonesia telah memperingatkan tentang adanya peningkatan jumlah titik api tahun ini, dan memunculkan kekhawatiran akan berulangnya kejadian kabut mematikan yang pernah terjadi di Singapura, Malaysia, hingga Thailand pada 2015.

Laporan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengutip dari data satelit menyatakan, lebih dari 2.500 titik api yang tersebar di Asia Tenggara telah terdeteksi dalam seminggu terakhir.

Titik panas terus menerus muncul di bagian selatan khatulistiwa hingga bulan depan karena diperkirakan musim hujan tertunda hingga November, seperti dikatakan oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Karnawati juga mengatakan tidak ditemukan bukti bahwa kabut asap di Malaysia akibat dari kebakaran Indonesia.

Raffles Brotestes Panjaitan, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan kepada wartawan di Jakarta, total 328,724 hektar, yang terdiri dari 89.563 hektar lahan gambut terkena dampak dari kebakaran hutan. Pihak berwenang telah mengambil langkah untuk mengatasi kebakaran tersebut. Badan mitigasi mengerahkan sekitar 46 helikopter untuk pengeboman air guna memodifikasi cuaca dan operasi hujan buatan.

Sementara itu kabut asap di Singapura juga mulai muncul yang ditimbulkan oleh titik-titik panas di Sumatera. Badan Lingkungan Nasional mengatakan, indeks polutan cenderung mengarah ke kisaran yang tidak sehat.

Indonesia telah mengerahkan ribuan pekerja militer, polisi, dan agen mitigasi bencana untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di leih dari 1.600 tempat. Sekitar 37 pesawat dikerahkan oleh badan mitigasi untuk melakukan pengeboman air, modifikasi cuaca, dan operasi hujan buatan.

Reporter Magang: Ellen RiVeren [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini