Reportase dari Sabah

Malaysia klaim tewaskan 56 penyusup Sulu, 97 lainnya ditangkap

Rabu, 13 Maret 2013 12:50 Reporter : Hery H Winarno
Malaysia klaim tewaskan 56 penyusup Sulu, 97 lainnya ditangkap Militer Malaysia di Sabah. ©2013 Merdeka.com/handout/PDRM

Merdeka.com - Militer dan polisi Malaysia terus menyisir wilayah-wilayah yang diduga dijadikan persembunyian para penyusup Sulu. Selama operasi, militer Malaysia telah menangkap 97 orang yang diduga memiliki hubungan dengan para penyusup. Mereka juga mengklaim menewaskan 56 penyusup.

"97 Orang telah ditangkap diduga terkait atau memiliki hubungan dengan penyusup," ujar Komisioner Polisi Sabah Datuk Hamzah Taib saat jumpa pers di Resort Felda Sahabat, Sabah, Malaysia, Rabu (13/3) yang dihadiri reporter merdeka.com Hery H Winarno.

Selain menangkap 97 orang tersebut, militer Malaysia yang melakukan penyisiran di wilayah Kampung Tanduo, Sungai Bilis, dan Kampung Nyamuk juga mengamankan 156 warga. Mereka diamankan karena masuk zona merah atau zona terlarang.

"Kita amankan 156 orang karena masuk zona merah. Itu dilarang karena memasuki kawasan berbahaya," terang polisi nomor satu Sabah ini.

di sabah

Hingga kini data penyusup Sulu masih simpang siur. Bila sebelumnya Polisi Malaysia menyebut 57 penyusup Sulu yang tewas, hari ini mereka meralat dan menyebut 56 penyusup Sulu tewas. "Ada 56 penyusup yang tewas. Sebagian sudah dibawa dari lokasi pertempuran," imbuhnya.

Hari ini operasi penyisiran difokuskan di wilayah Sungai Bilis dan Kampung Nyamuk. Kampung Tanduo sendiri sudah dinyatakan aman dari penyusup.

"Tetapi warga dilarang untuk kembali ke Tanduo, media juga karena masih berbahaya. Kita tahu mungkin masih ada penyusup yang berhasil ke Tanduo lagi," imbuhnya. [tts]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Konflik Sabah
  3. Reportase Dari Sabah
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini