Lima tokoh dunia pernah dilempar sepatu

Jumat, 4 Maret 2016 08:06 Reporter : Pandasurya Wijaya
Lima tokoh dunia pernah dilempar sepatu george w bush ketika dilempar sepatu wartawan Irak.
5. Wartawan Irak lempar sepatu ke George W Bush

Merdeka.com - Kunjungan mendadak oleh Presiden Amerika George W Bush ke Irak dibayangi oleh sebuah insiden dimana Bush dilempar dua sepatu dalam acara jumpa pers.

Seorang wartawan Irak diamankan oleh para pengawal setelah dia memanggil Bush "seekor anjing" dan melempar sepatunya, namun tidak mengenai presiden, seperti dilansir BBC, Desember 2008.

Sol sepatu dianggap sebagai hinaan terburuk dalam budaya Arab.

Selama perjalanan itu, Bush dan Perdana Menteri Irak Nouri Maliki menanda tangani kesepakatan keamanan baru antara kedua negara.

Pakta itu menyebutkan bahwa pasukan Amerika akan meninggalkan Irak tahun 2011, delapan tahun setelah penyerbuan tahun 2003 yang menjadi bagian menentukan bagi jabatan kepresidenan Bush.

Berbicara lima minggu sebelum Presiden Bush menyerahkan kekuasaan kepada Barack Obama, Bush juga mengatakan perang di Irak belum berakhir dan masih banyak tugas yang harus dilakukan.

Lawatannya yang tidak diumumkan itu dilakukan sehari setelah Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan kepada pasukan Amerika bahwa misi Irak berada dalam "tahap akhir".

"Ukuran nomor 10"

Ditengah jumpa pers bersama PM Maliki, seorang wartawan berdiri dan berteriak, "ini tanda perpisahan dari rakyat Irak, anjing," dan kemudian melempar sepasang sepatunya ke arah Presiden Bush, lemparan itu sedikit meleset.

"Yang bisa saya katakan adalah, sepatu itu nomor 10," canda Presiden Bush setelah insiden, seperti dilaporkan kantor berita Associated Press.

Pelempar sepatu kemudian dibawa pergi oleh para pengawal dan jumpa pers dilanjutkan.

Para wartawan menyebut insiden itu sebagai insiden simbolik.

Rakyat Irak lazim melempar sepatu dan sejumlah orang menggunakan sepatu untuk memukuli patung Saddam Hussein di Baghdad setelah dia digulingkan.

Baca juga:
Lima bayi baru lahir umurnya langsung remaja
Semua anak di keluarga ini selalu lahir di tahun kabisat
Ada bunga Anggrek tumbuh di lembaran Alquran di Aceh
Lima harta warisan paling aneh sepanjang sejarah
Aksi kocak para pegulat Meksiko beralih main futsal

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini