Lima tokoh dunia pernah dilempar sepatu

Jumat, 4 Maret 2016 08:06 Reporter : Pandasurya Wijaya
Lima tokoh dunia pernah dilempar sepatu Pervez Musharraf saat berada di Pengadilan Tinggi Sindh. saudigazette.com.sa
2. Mantan presiden Pakistan dilempar sepatu di pengadilan

Merdeka.com - Seorang pengacara asal Pakistan kemarin melempar sepatu ke arah mantan Presiden Pakistan Pervez Musharraf. Insiden itu terjadi saat Musharraf berjalan menuju ruang pengadilan di Pengadilan Tinggi Sindh, di Ibu kota Karachi, untuk memperpanjang jaminannya atas tuduhan konspirasi pembunuhan dan pemecatan hakim.

Situs emirates247.com melaporkan, Jumat (29/3/2013), saksi mengatakan sekelompok pengacara yang terdiri dari 20 orang memprotes pemerintahan Pervez dan meneriakkan kata-kata bahwa Musharraf seorang diktator dan seharusnya digantung, sebelum akhirnya satu dari antara pengacara itu melempar sepatu ke arah Musharraf.

Namun, dari tayangan televisi memperlihatkan sepatu itu tidak sampai mengenai Musharraf. Saksi tidak disebutkan identitasnya itu juga mengatakan Musharraf datang dengan dikawal pasukan keamanan berpakaian preman.

Musharraf yang telah kembali ke Pakistan setelah selama empat tahun mengasingkan diri di Dubai berada di pengadilan untuk memperpanjang jaminan yang diberikan kepadanya pekan lalu atas tuduhan pembunuhan mantan Perdana Menteri Pakistan Benazir Bhutto pada 2007 lalu dan pemecatan hakim di tahun yang sama.

Pejabat pengadilan mengatakan uang jaminan untuk kasus pemecatan hakim telah diperpanjang selama dua pekan. Sementara itu, seorang anggota Partai All Pakistan Muslim League, partai yang didirikan Musharraf, mengatakan lelaki 69 tahun itu juga telah diberikan perpanjangan selama 21 hari di dua kasus lainnya.

Saat masih menjabat sebagai presiden, Musharrap menjadi sekutu Amerika Serikat dan mendukung program Negeri Adidaya itu dalam memerangai terorisme yang akhirnya menjadi kontroversial di Pakistan. Musharraf setidaknya tiga kali berhasil meloloskan diri dari percobaan pembunuhan oleh kelompok Al Qaidah.

Anak Bhutto, Bilawal Bhutto Zardari, yang saat ini menjadi ketua Partai Rakyat Pakistan menuduh Musharraf telah membunuh Benazir Bhutto.

Pada 2010 sebuah laporan dari badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan kematian Bhutto sebetulnya dapat dicegah dan menuduh pemerintahan Musharraf telah gagal memberikan perlindungan yang memadai kepada Bhutto.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini