Lima tokoh dunia pernah dilempar sepatu

Jumat, 4 Maret 2016 08:06 Reporter : Pandasurya Wijaya
Lima tokoh dunia pernah dilempar sepatu george w bush ketika dilempar sepatu wartawan Irak. ©telegraph.co.uk

Merdeka.com - Menjadi pejabat publik memang berisiko mendapat kritikan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain kritikan, tak jarang ancaman juga sering datang, termasuk penyerangan secara langsung seperti dilempar sepatu oleh pengunjuk rasa. Seperti dialami pejabat Mesir tiga hari lalu.

Anggota parlemen Mesir Taufik Ukasha dilempar sepatu oleh seorang rekannya dalam sidang di parlemen lantaran dia mengundang duta besar Israel makan malam. Selain dilempar sepatu dia anggota parlemen lainnya mendesak dia diskors.

Mesir dikenal sebagai negara Arab pertama yang mengakui negara Israel setelah perjanjian perdamaian yang digagas oleh AS pada 1979. Meski begitu kebanyakan warga Mesir masih memandang Israel sebagai musuh.

Negara Bintang Daud punya duta besar yang bertugas di Ibu Kota Kairo namun hubungan antara pejabat Mesir dengan dubes Israel masih dingin dan kantor kedutaan Israel kerap menjadi sasaran protes.

Situs Asia One melaporkan, Ahad (29/2), selain sebagai anggota parlemen yang kerap menuai kecaman dan kontroversi, Ukasha juga dikenal sebagai pembawa acara di televisi. Pekan lalu dalam acara televisinya dia mengundang Duta Besar Israel Haim Koren makan malam di rumahnya.

Tindakannya itu sontak mengundang kecaman publik dan anggota parlemen lainnya yang baru dilantik bulan lalu. Sejumlah anggota parlemen meminta dia diskors dan seorang anggota parlemen bernama Kamal Ahmad melempar sepatu ke arahnya karena marah.

Kemarin akhirnya dua pertiga anggota parlemen memutuskan memecat Ukasha.

Selain Ukasha, siapa lagi tokoh dunia yang pernah dilempar sepatu? Simak ulasannya berikut ini yang berhasil dihimpun merdeka.com dari berbagai sumber:

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini