Lima peristiwa mayat muncul tiba-tiba paling misterius

Kamis, 3 Desember 2015 06:06 Reporter : Pandasurya Wijaya
Lima peristiwa mayat muncul tiba-tiba paling misterius Malaysia Airlines jatuh di Ukraina. ©REUTERS/Maxim Zmeyev

Merdeka.com - Perang selalu meninggalkan kepedihan bagi para korban. Di berbagai belahan dunia dampak perang selalu membuat keluarga korban mengalami trauma berkepanjangan. Apalagi jika di kemudian hari ditemukan kuburan massal dari para korban perang. Keluarga yang selama ini kehilangan tentu dikejutkan dengan temuan kuburan massal semacam itu.

Tidak hanya perang, kedatangan gelombang pengungsi di Eropa dari Timur Tengah belakangan ini juga membuat dunia terkejut dengan angka jumlah korban tewas yang ingin menyeberang ke Benua Biru. Para pengungsi itu rela menyewa kapal lalu tenggelam di tengah perjalanan demi mencapai benua Eropa. Ada juga yang dilaporkan sudah tewas sebelum tiba di perbatasan negara yang dituju.

Selain perang dan gelombang pengungsi, temuan berpuluh mayat di kuburan massal juga bisa membuat orang terkejut dan bertanya-tanya. Berikut lima peristiwa berpuluh mayat ditemukan yang paling misterius dan membuat orang bertanya-tanya.

1 dari 5 halaman

Polisi Austria temukan 50 mayat pengungsi di dalam truk di perbatasan

Truk berisi 50 mayat pengungsi di Austria. ©Reuters

Sebanyak 50 mayat ditemukan di dalam sebuah truk di Austria pada Agustus lalu. Mayat-mayat itu diduga adalah pengungsi yang ingin masuk ke Eropa.

Truk yang ditinggalkan di pinggir jalan itu ditemukan oleh polisi patroli di dekat perbatasan Hungaria.

"Orang bisa memperkirakan mayat itu baru berusia satu atau dua hari," ujar Hans Peter Doskozil, kepala polisi di Provinisi Burgenland dalam jumpa pers, seperti dilansir kantor berita Reuters, Agustus lalu.

Menurut Doskozil, sejumlah temuan mengindikasikan para pengungsi itu sudah jadi mayat ketika truk memasuki perbatasan.

"Kami sangat terkejut dengan berita itu. Kejadian ini mengingatkan kita untuk segera menangani kasus imigran dengan semanagat Eropa, artinya dengan semangat solidaritas untuk mencari solusi," ujar Kanselir Jerman Angela Merkel di Vienna.

Topik pilihan: Tragedi MH17 | Nasib jasad Mr X

2 dari 5 halaman

22 Mayat ditemukan sudah membusuk di puluhan kapal Jepang

Kapal terdampar berisi mayat di Jepang. ©2015 Merdeka.com

Selama dua bulan terakhir, peristiwa misterius terjadi di pantai barat laut Jepang. Setidaknya 11 kapal kayu terdampar berturut-turut di beberapa lokasi Prefektur Fukui dan Ishikawa. Total dari kapal-kapal itu terdapat 22 mayat sudah membusuk.

Kejadian paling akhir adalah 22 November lalu, ketika polisi menemukan sebuah kapal berisi enam jenazah di bibir pantai kawasan Fukui. Total ada 34 kapal, baik kosong melompong maupun berisi mayat, terdampar di lepas pantai Jepang sepanjang tahun ini.

Kondisi mayat begitu mengenaskan, karena diperkirakan berminggu-minggu terapung di kapal setelah tewas, sehingga otopsi ataupun penyelidikan sulit dilakukan.

ABC News melaporkan, Selasa (1/12), Patroli Pantai Jepang berjanji akan melacak dari mana dan mengapa penumpang kapal kayu itu tewas mengenaskan. Dari temuan awal, kemungkinan para korban adalah nelayan asal Korea Utara. Ada aksara Hangeul di sisi beberapa kapal, bertuliskan 'Tentara Rakyat Korea'. Itu adalah nama resmi militer Korut.

"Dilihat dari jenis kapal kayu yang kecil ini, nelayan di Jepang tidak biasa menggunakannya," kata Juru Bicara Patroli Laut Jepang, Yuka Amao.

Topik pilihan: Ekstremis ISIS | Turki vs Rusia

3 dari 5 halaman

Saat mayat-mayat berjatuhan dari langit

Malaysia Airlines jatuh di Ukraina. ©REUTERS/Maxim Zmeyev

Awalnya terdengar ledakan keras yang membuat bangunan terasa bergetar. Sesaat kemudian mayat-mayat berjatuhan dari langit.

Salah satu mayat itu jatuh menimpa atap rumah Irina Tipunova di desa terpencil, sebelah timur Ukraina. Begitulah yang dialami perempuan pensiunan berusia 65 tahun itu ketika kemarin pesawat Malaysia Airlines MH17 jatuh ditembak kelompok separatis pro-Rusia.

"Ada suara gemuruh dan tiba-tiba semuanya seperti berderak. Lalu macam-macam benda berjatuhan dari langit," kata Irina di depan rumahnya, seperti dilansir surat kabar the Star, Jumat (18/7/2014).

"Lalu saya mendengar suara keras dan mayat perempuan jatuh di dapur, atap langsung bolong," kata dia sambil memperlihatkan lubang di atap dapurnya. Mayat perempuan telanjang itu masih terbaring di dalam rumahnya, di samping tempat tidur.

Sekitar seratus meter dari rumah Irina puluhan mayat lain tergeletak di ladang gandum. Mereka semua korban tewas pesawat MH17 yang berpenumpang 298 orang.

"Mayatnya masih di sini karena mereka bilang saya harus menunggu petugas datang dan mengambilnya," ujar Irina.

Bukan hanya mayat berjatuhan dari langit. Serpihan besi, barang-barang dari tas penumpang MH17 ikut berjatuhan dan berhamburan di kawasan berjarak sekitar 40 kilometer dari perbatasan dengan Rusia.

Topik pilihan: Mayat Tanpa Identitas | Pray For Paris

4 dari 5 halaman

Warga Meksiko temukan kuburan massal 43 siswa

keluarga 43 siswa korban tewas serangan kelompok gang narkoba di Meksiko. ©BBC

Ahli forensik di Meksiko dikirimkan ke Kota Carrizalillo untuk memeriksa temuan mayat dalam sejumlah kuburan massal.

BBC melaporkan, awal bulan lalu, lokasi kuburan itu terletak sekitar 75 kilometer sebelah selatan Iguala, tempat 43 siswa hilang lebih dari setahun lalu.

Warga menemukan lokasi itu setelah menyerang kelompok gang narkoba. Warga menuturkan mereka melihat aktivitas mencurigakan dari kelompok gang narkoba pada malam ketika siswa-siwa itu hilang.

Topik pilihan: Teroris Santoso | Ketua DPR Setya Novanto



5 dari 5 halaman

Kuburan 123 mayat etnis Yazidi korban ISIS ditemukan di Irak

temuan kuburan massal etnis Yazidi di Irak korban pembantaian ISIS. ©Daily Mail

Sebuah kuburan massal berisi 123 mayat etnis Yazidi ditemukan di sebelah utara Irak. Para mayat itu diduga korban pembantaian negara Islam Irak dan Suriah (ISIS)

Pejabat setempat Mahma Khalil mengatakan, temuan itu terdiri dari enam kuburan massal di dekat Kota Sinjar, seperti dilansir koran the Daily Mail, Ahad lalu.

ISIS menyerang Sinjar pada Agustus tahun lalu tapi kemudian pasukan Irak menguasai kawasan itu kembali 13 November lalu.

Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebut serangan ISIS terhadap orang Yazidi tahun lalu itu adalah genosida atau pembunuhan massal.

Menurut Khalil dan saksi di lokasi, kuburan itu dikelilingi oleh sejumlah bom. [pan]

Baca juga:
Nasib mati tanpa jati diri
Misteri jahitan di jasad Mr X
Nasib tunawan setelah pindah alam
Tim pemburu mayit dari Palhit
Mati merana, pusara pun tanpa nama
Nasib mayat tanpa identitas berujung di pemakaman Mr X

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini