Lima kisah paling mengerikan hantu muncul setelah terjadi bencana

Jumat, 22 Januari 2016 06:04 Reporter : Muhammad Radityo
Lima kisah paling mengerikan hantu muncul setelah terjadi bencana Kawasan Ishinomaki selepas tsunami. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Insiden bencana alam menyisakan duka mendalam beserta kerugian material dan imaterial bagi para korban. Namun, tidak sebatas duka, melainkan cerita aneh atau janggal juga.

Keberadaan mahluk gaib atau hantu dikabarkan masih menjadi bayang-bayang di sekitar tempat kejadian. Hal itu diungkapkan para saksi.

Derap langkah kaki, suara tangis, hingga kemunculan penampakan sering terjadi. Hal tersebut tidak menjadi berita sumir belaka, bukti-bukti yang tertangkap disimpan menggunakan rekamn gambar yang hampir bisa dipastikan kebenarannya.

Penasaran dengan cerita kejadian mistis tersebut? Berikut merdeka.com menyajikan dalam rangkuman yang diambil dari berbagai situs, seperti ghostnghouls.com dan suber lainnya:

1 dari 5 halaman

Arwah turis asing gentayangan usai tsunami 2004

asing gentayangan usai tsunami 2004 rev6Tsunami Aceh. ©Reuters

Pada 26 Desember 2004 gelombang tsunami memporak-porandakan pesisir di 14 negara, termasuk di Aceh, Indonesia menewaskan lebih dari 200 ribu jiwa. Kejadian itu tercatat sebagai salah satu bencana terbesar yang dicatat sejarah.

Lebih dari lima ribu jiwa melayang di Thailand. Tak lama setelah kejadian itu sejumlah warga mengaku sering melihat hantu orang asing.

Menurut Kantor berita Australia, seorang petugas keamanan di sebuah plaza di  daerah Pataong mengundurkan diri dari pekerjaannya setelah dia mendengar suara orang berteriak pada tengah malam. Si petugas dan beberapa orang sering mencari sumber suara yang selalu berteriak "tolong saya, tolong saya" tapi mereka tak pernah menemukan sosok seorang pun.

Kisah lain mengatakan, hantu turis perempuan bergentayangan di pantai sambil berteriak mencari anaknya yang hilang, seperti dikutip dari ghostnghouls.com, September 2015.

Beberapa bulan setelah bencana, kisah hantu turis asing ini cukup santer terdengar di Thailand. Para biksu Buddha bahkan menyediakan persembahan atau sesajen untuk mengusir arwah turis yang gentayangan. Tapi mengapa hantu turis asing?

"Turis asing sangat berkesan bagi orang Thailand," ujar psikolog Wanlop Piyamanutham. "Mereka selalu dilihat sebagai orang kaya dan berkuasa. Jika mereka mati karena suatu musibah mengenaskan maka tidak heran jika mereka gentayangan dalam alam pikiran warga Thailand, apalagi jika mereka sangat jauh dari asalnya."

2 dari 5 halaman

Pohon Natal hantu menyala rumah sakit bekas badai katrina

hantu menyala rumah sakit bekas badai katrina rev2Pohon Natal hantu di sebuah rumah sakit kosong di New Orleans Amerika Serikat. ©Daily Mail

Sedikitnya ada dua orang yang mengambil foto sebuah pohon Natal misterius yang menyala di sebuah rumah sakit kosong di New Orleans, Amerika Serikat.

Benda yang menyerupai pohon Natal yang menyala itu terlihat dari jendela gedung rumah sakit yang sudah dikosongkan sejak peristiwa Badai Katrina pada 2005.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Rabu (30/12), foto itu mendadak tersebar luas di Internet setelah tiga hari lalu Lisa Walley Staggs, perempuan yang bekerja di Rumah Sakit Tulane dekat gedung itu, memajangnya di Facebook. Foto itu hingga kini sudah disebar sebanyak lebih dari 20 ribu kali.

Sejumlah pengguna media sosial menduga pohon Natal itu adalah makhluk halus.

"Apakah hantu sedang merayakan Natal di ruangan rumah sakit itu?" tanya seorang teman Staggs di Facebook.

Menurut pendapat polisi seperti dikatakan dalam siaran WWLTV, seseorang masuk ke rumah sakit itu dengan membawa karton dan menyalakan lampu lalu meletakkannya di dekat jendela.

"Menurut kami ini adalah pembobolan," ujar Leslie Capo dari Universitas Pusat Ilmu Kesehatan di Negara Bagian Louisiana.

Perawat di Rumah Sakit Tulane Mike Arbon yang juga mengambil foto itu dan memajangnya hari ini mengatakan, "Pohon Natal itu sungguh indah dan agak menakutkan. Bikin saya merinding ketika melihatnya dan tentu saja mengingatkan saya akan adik yang meninggal di rumah sakit itu."

3 dari 5 halaman

Usai gempa Chile, penduduk mengaku dengar langkah kaki dan bayangan tanpa wujud

chile penduduk mengaku dengar langkah kaki dan bayangan tanpa wujud rev2Gempa chile. ©ghostnghouls.com

Pasca gempa dan tsunami hebat yang melanda Chile pada 27 Februari 2010, bangunan-bangunan di jalan-jalan luluh lantak tak bersisa. Bencana ini menewaskan ratusan orang dan tercatat sebagai bencana gempa bumi nomer enam dengan jangkauan terluas.

Tidak hanya menyisakan duka dan kehancuran kota, serangkaian cerita berbau mistis juga santer terdengar. Menurut penuturan warga, bayangan-bayangan menyerupai manusia kerap terlihat, namun begitu tidak ada sosok atau wujud nyatanya.

Selain, bayangan, suara langkah kaki dari bangunan yang telah hancur pun sering terdengar suara tangis. Semua tidak dapat terjelaskan, surat kabar setempat ramai memberitakan pengakuan-pengakuan warga yang mengalami sendiri pengalaman horor tersebut.

4 dari 5 halaman

Badai tornado di AS rekam aktivitas gaib setelah kejadian

di as rekam aktivitas gaib setelah kejadian rev2Angin tornado. ©2012 Merdeka.com

Bencana alam angin tornado yang melanda Joplin, Missouri di Amerika Serikat pada 2011 tercatat menewaskan 150 orang. Bencana alam yang terbilang besar ini ternyata menarik perhatian si pemburu hantu, Bob Wilson untuk meneliti aktivitas gaib yang berada di sekitaran tempat kejadian.

Dalam episode lanjutan serialnya yang bernama Syfy's Haunted Collector. Dalam adegan yang ditangkapnya, memang terbukti tampak guratan aneh serta kemunculan bentuk-bentuk yang menunjukkan adanya aktivitas gaib tersebut.

5 dari 5 halaman

Sopir taksi ngaku sering angkut penumpang hantu di lokasi bekas tsunami

ngaku sering angkut penumpang hantu di lokasi bekas tsunami rev2Kawasan Ishinomaki selepas tsunami. ©2016 Merdeka.com

Pada awal musim panas 2011, Daerah Ishinomaki, Prefektur Miyagi, Jepang, luluh lantak akibat gempa dan tsunami. Yang tersisa bertahun-tahun kemudian, di samping kenangan buruk, adalah kisah misteri sopir taksi yang mengaku banyak mengangkut mahluk gaib.

Pengakuan para sopir itu menjadi topik penelitian Yuka Kudo (22), mahasiswa pascasarjana bidang sosiologi Universitas Tohoku Gakuin, seperti dilansir Asahi TV, Kamis (21/1).

Salah satunya adalah pengakuan sopir taksi di Stasiun Ishinomaki. Pada suatu malam dua tahun lalu sesosok wanita mengenakan jubah minta diantarkan ke Minamihama.

Sedikit curiga, sang sopir mengatakan bila daerah tersebut telah kosong tak bersisa akibat tsunami. Wanita ini malah balik bertanya, "apakah saya telah mati?"

Terkejut mendengar pertanyaan si penumpang, sopir ini lantas menoleh ke arah kursi belakang. Wanita tersebut telah hilang.

Setidaknya ada tujuh sopir taksi dari kawasan itu yang mengaku pernah bertemu pengalaman gaib serupa. Mereka meyakini hantu-hantu yang naik taksi mereka adalah korban Tsunami 2011.

Saking seringnya muncul kejadian supranatural di Miyagi, para sopir taksi tak lagi ketakutan. Mereka mengaku menghargai 'tamu' yang singgah di taksinya. Mereka diibaratkan sebagai jiwa yang patut dihormati karena tak bisa kembali untuk bertemu saudara yang ditinggalkan akibat bencana.

Kudo menyatakan penelitiannya fokus pada respon warga menghadapi kejadian-kejadian supranatural. Kudo sangat terkesan dengan pola pikir para sopir taksi dalam memperlakukan arwah.

"Awalnya saya hanya bertujuan untuk sebuah penelitian sosial. Tetapi kemudian hal lain yang terungkap adalah pengalaman para sopir taksi yang mengangkut penumpang hantu di daerah itu," kata Kudo.

[pan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini