Lima kardinal calon pemimpin Vatikan

Rabu, 20 Februari 2013 07:12 Reporter : Ardini Maharani
kardinal francis arinze.
2. Francis Arinze

Merdeka.com - Kardinal Francis Arinze menjadi kandidat paling banyak diperbincangkan di Vatikan. Dia lahir di Desa Eziowelle, Nigeria, pada 1 November 1932.

Sejak usia sembilan tahun dia berpindah keyakinan semula agama tradisi menjadi Katolik. Dia sudah menjadi pastur di usia seperempat abad, dan menjadi kardinal pada usia 52 tahun. Sebuah perjalanan mulus tanpa hambatan dia lalui dan keteguhannya pada ajaran Kristus membuat dia tersohor sebagai kardinal paling konservatif.

Arinze juga pernah bekerja di Vatikan dan bertugas pada divisi dialog antar agama kecuali Yahudi. Dia dikenal menjadi kardinal paling bersahabat dengan umat muslim sejagat lantaran saban tahun tak lupa mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri. Namun amat dilema jika dia terpilih lantaran usianya kini sudah menginjak 80 tahun. Dua tahun lebih tua saat Benediktus XVI diangkat menjadi Paus.

Setali tiga uang Paus, Arinze juga melarang homoseksual. Dia pernah mengatakan, jika umat Katolik bertemu dengan pelaku percintaan sesama jenis basuh saja kepalanya dengan air suci.

Topik berita Terkait:
  1. Vatikan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini