Lebih cepat dari shinkansen, Jepang kembangkan kereta siluman

Jumat, 8 April 2016 12:44 Reporter : Muhammad Radityo
Lebih cepat dari shinkansen, Jepang kembangkan kereta siluman Kereta Siluman ala Kazuyo Sejima. ©2016 Merdeka.com/Seibu Group

Merdeka.com - Bangsa Jepang seakan tidak pernah kehabisan ide inovasi teknologi. Belum lama ini, insinyur Negeri Matahari Terbit melansir purwarupa kereta terbaru yang oleh mata telanjang bakal sulit dilihat saking cepatnya.

Kereta cepat yang digagas Kazuyo Sejima itu menerapkan teknologi yang biasa dipakai pesawat siluman. Selain bisa dipacu lebih cepat dari kereta peluru atau populer dijuluki Shinkansen, kereta siluman ini memakai panel gerbong dari bahan semi-reflektif terhadap cahaya. Ketika bergerak dalam kecepatan penuh, kereta ini akan memunculkan ilusi optik seakan-akan menghilang. Kecepatan maksimal keret siluman karya Sejima mendekati 350 km/jam.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Jumat (8/4), proyek yang dikerjakan Sejima ini atas permintaan perusahaan Seibu Group. Diharapkan kereta siluman tersebut bisa diluncurkan sebagai armada baru pengelola Komuter Red Arrow untuk merayakaan seabad berdirinya perusahaan.

Seibu ingin Sejima merancang penampilan luar yang unik, sambil mempertahankan kenyamanan ala Shinkansen di bagian interiornya. Insinyur perempuan itu diperintahkan perusahaan membuat tempat duduk penumpang bagaikan ruang tamu yang hangat.

"Kereta ini akan menjadi yang pertama hasil desain Seijima, desain yang bertujuan menonjolkan kelembutan yang berpadu dengan pemandangan," kata juru bicara Seibu Goup.

Secara konkret, kereta rancangan Sejima bisa masuk tahap produksi massal tahun depan. Artinya, pada 2018 kereta siluman ini bisa mulai melewati rel-rel seantero Jepang.

Seibu Group adalah pengelola rute rel kereta di Jepang sepanjang 180 km di sekitar Ibu Kota Tokyo hingga Prefektur Saitama. Saat diluncurkan nanti, warna gerbong kereta ini tidak akan putih polos seperti versi purwarupa, melainkan warna kuning cerah. [ard]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini