KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Lebaran Suriah penuh dengan darah

Minggu, 19 Agustus 2012 17:33 Reporter : Merdeka
Konflik Suriah. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Tidak semua umat muslim merayakan hari kemenangan dengan penuh kedamaian. Warga Suriah, contohnya, terpaksa bersimbah darah di hari kemenangan ini.

Menurut berita yang dilansir dari Al Jazeera, setidaknya 19 orang menjadi korban baku tembak antara tentara Suriah dengan kaum pemberontak di hari pertama Idul Fitri ini. Dua diantaranya adalah anak-anak.

Kedua anak tersebut tewas Minggu (19/8) waktu setempat akibat baku tembak di kota Maaret al-Numan di provinsi Idlib. Aksi bombardir tersebut juga berlangsung di kota Rastan, salah satu provinsi Homas.

Seharusnya, anak-anak menerima baju baru atau uang saku saat Idul Fitri, namun di Suriah, teror tak berkesudahan menghiasi keceriaan anak-anak. Bahkan, korban konflik tersebut telah berjumlah 23.000 orang sejak Maret lalu.

"Ini cara kami untuk merayakan Idul Fitri!" teriak para kumpulan warga yang protes di jalan Kafr Zeita, provinsi Hamas.

Dalam protes tersebut, anak-anak dan orang dewasa Suriah mengibarkan bendera independen dan meneriakkan slogan-slogan anti presiden Bashar al-Assad.

Pada kesempatan lain, Al Jazeera juga melaporkan bahwa presiden Assad muncul di tempat umum saat melakukan salat Idul Fitri di salah satu masjid di Damaskus. Itu adalah kemunculan pertamanya di depan publik setelah pengeboman di ibu kota Suriah bulan lalu. Pengeboman tersebut telah membunuh menteri pertahanan dan tiga pejabat lain.

Terakhir kali Assad muncul di publik adalah pada 4 juli lalu saat memberikan pidato di gedung parlemen. Kemunculan Assad muncul di tengah spekulasi posisi wakil presiden Farouk al-Sharaa yang dikatakan oleh beberapa anggota pembebasan pertahanan Suriah telah berubah menjadi oposisi.

Sabtu (18/8) lalu, pihak kantor al-Sharaa menolak anggapan tersebut dengan menyebut wakil presiden tersebut tidak akan meninggalkan negara Suriah. Al-Sharaa terlihat tidak menyertai Assad pada saat salat Idul Fitri hari Minggu ini. [rin]

Topik berita Terkait:
  1. Konflik Suriah
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.