KTT ASEAN bulan ini bakal bahas hak para pekerja migran

Kamis, 9 November 2017 14:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Presiden Jokowi di KTT ASEAN, Manila. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo akan menghadiri KTT ASEAN pada 13 dan 14 November 2017. Dalam pertemuan itu akan ada 10 pertemuan pemimpin ASEAN dan negara mitra.

KTT ASEAN bulan November ini akan menghasilkan 55 dokumen. Namun masih ada beberapa dokumen yang masih dalam tahap pembahasan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan ada salah satu berkas dokumen yang penting untuk Indonesia.

"Salah satu yang cukup penting bagi Indonesia adalah terkait konsensus ASEAN untuk pekerja migran. Ini adalah satu dokumen yang digagas Filipina dan Indonesia untuk tingkatkan hak pekerja migran di ASEAN," kata Arrmanatha di Kantor Kementerian Luar Negeri, Kamis (9/11).

Direktur Politik dan Keamanan ASEAN Candra Widayuda mengatakan setiap pertemuan KTT ASEAN dan negara mitra akan menghasilkan pernyataan ketua menyangkut sejumlah isu kepentingan. Dan akan membahas beberapa masalah di ASEAN.

"Sesuai dengan kebijakan kita di ASEAN implementasi dan pembangunan konsolidasi jadi fokus utama. Bagaimana kita terus dorong upaya untuk memelihara perdamaian serta mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan," kata Candra.

Benny Siahaan Direktur Kerjasama Eksternal ASEAN mengatakan akan ada 10 pertemuan terkait isu yang akan dibicarakan pada KTT ASEAN dengan negara mitra pada 13 dan 14 November 2017.

"Pada tanggal 13, akan ada pertemuan dengan Amerika Serikat, RRC, Republik Korea, Jepang dan PBB. Lalu tanggal 14 akan ada pertemuan dengan ASEAN dan ASEAN plus, ASEAN Kanada, ASEAN Uni Eropa, east ASEAN summit, dan ASEAN India.

Benny menambahkan akan ada beragam topik yang akan diangkat, seperti isu Laut China Selatan, Semenanjung Korea, keamanan (Laut Cina Selatan), terorisme, dan isu Palestina.

"Lalu soal ekonomi, nilai perdagangan investasi, pemberdayaan UMKM, dan digitalisasi," kata Benny. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. ASEAN
  2. Presiden Jokowi
  3. KTT ASEAN
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.