Korut dan Korsel bakal berunding di zona netral Jumat mendatang

Senin, 17 Juli 2017 15:41 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
Panmunjom. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Menteri Pertahanan Korea Selatan Suh Choo-suk mengatakan negaranya akan berunding dengan Korea Utara di kawasan demiliterisasi.

"Kami meminta diskusi militer dengan Korea Utara pada 21 Juli di Tongilgak untuk menghentikan semua aktivitas yang bisa meningkatkan tensi di perbatasan zona militer," kata Choo-suk, seperti dilansir dari Channel News Asia, Senin (17/7).

Perundingan militer antara Pyongyang dan Seoul merupakan yang pertama kalinya sejak 2015 lalu. Setelah dialog dua tahun lalu itu, Korea Utara kerap melakukan uji coba rudal dan nuklir. Terakhir, Korut meluncurkan rudal antarbenua yang disebut bisa mencapai Alaska, Amerika Serikat.

Tongilgak sendiri merupakan gedung di Korea Utara, tepatnya di Panmunjom. Tempat ini yang dipakai untuk berunding pada Desember 2015 itu.

Permintaan diskusi militer ini dilakukan setelah sepekan Presiden Korsel Moon Jae-in mengatakan ingin berdialog dengan Pyongyang. Dia menuturkan nuklir dan program misil negeri pimpinan Kim Jong-un itu membuat seluruh dunia khawatir. [ary]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.