KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Korsel gelar pemilu, kandidat dari partai liberal diprediksi unggul

Selasa, 9 Mei 2017 16:07 Reporter : Ira Astiana
Kerusuhan pasca pemakzulan Presiden Park Geun-hye. ©REUTERS/Yonhap

Merdeka.com - Rakyat Korea Selatan hari ini berbondong-bondong menuju ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menentukan pemimpin negara baru setelah mantan Presiden Park Geun-hye dilengserkan karena terlibat skandal korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

Dalam pemilu kali ini, kandidat dari Partai Liberal Sosial, Moon Jae-in diperkirakan akan meraup suara terbanyak. Pasalnya, Jae-in menjanjikan kebijakan yang diharapkan rakyat Korsel selama masa kampanye.

Berdasarkan jajak pendapat dari lembaga survei Gallup Korea, Jae-in lebih unggul dengan suara sebesar 38 persen dibanding rivalnya Ahn Cheol-soo yang mendapat suara 20 persen.

Dilansir dari laman Reuters, Selasa (9/5), Jae-in menjanjikan akan melakukan pendekatan moderat terhadap Korea Utara. Selain itu, dia juga berjanji akan melakukan reformasi pemerintahan dengan baik dan meningkatkan pengeluaran fiskal agar tercipta lapangan kerja yang semakin banyak.

Jae-in yang pada pemilu sebelumnya kalah dengan selisih perolehan suara tipis dari Geun-hye memang telah lama mengkritik dua pemerintahan konservatif sebelumnya karena gagal menghentikan pengembangan senjata yang dilakukan Korut. Dia juga sempat menganjurkan dialog dua arah sambil terus mempertahankan sanksi untuk mendorong perubahan.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (NEC) memperkirakan bahwa jumlah pemilih total dalam pemilu kali ini akan mencapai lebih dari 80 persen. Angka tersebut merupakan yang tertinggi sejak pemilu pada 1997 silam di mana Kim Dae-jung ikut mencalonkan diri jadi presiden. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Korea Selatan
  2. Jakarta
  3. Pemilu
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.