Korea Utara sesumbar bisa hancurkan Amerika dengan bom hidrogen

Kamis, 14 Januari 2016 08:23 Reporter : Pandasurya Wijaya
Korea Utara sesumbar bisa hancurkan Amerika dengan bom hidrogen Kapal selam Korea Utara uji coba peluncuran rudal. ©Daily Mail

Merdeka.com - Korea Utara mengklaim punya senjata yang mampu menghancurkan Amerika Serikat yakni bom hidrogen.

Pernyataan itu muncul setelah beberapa waktu lalu negara pimpinan Kim Jong-un itu menguji coba bom hidrogen dan merilis sebuah foto memperlihatkan rudal balistik meluncur dari sebuah kapal selam.

Melalui kantor berita KCNA Kim Jong-un menyatakan dia memiliki para ilmuwan yang mampu mengaktifkan bom hidrogen dengan daya ledak ratusan kiloton dan megaton untuk menghancur leburkan Amerika Serikat dalam sekali serangan.

Namun para ahli menepis klaim Korea Utara itu dengan mengatakan bom hidrogen seharusnya mempunyai daya ledak seratus kali lebih kuat dari yang diuji coba Korut beberapa hari lalu, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Rabu (13/1).

Pekan ini Korea Utara merilis sebuah foto kapal selam sedang meluncurkan rudal balistik yang menurut Pyongyang bisa membawa hulu ledak nuklir.

Lembaga peneliti dari Institut Middlebury James Martin yang terletak di California menyatakan uji coba Korea Utara itu gagal dan cuplikan yang dirilis itu rekayasa belaka.

Parlemen Amerika kemarin sudah memutuskan untuk mengabulkan usulan sanksi lebih berat bagi Korea Utara.

Presiden Korea Selatan Park Geun-hye juga menyatakan provokasi dari Korea Utara bisa membuat negara itu dikenai sanksi lebih berat.

"Kami bekerja sama intensif dengan Amerika Serikat untuk menjatuhkan sanksi yang lebih efektif kepada Korea Utara, bukan hanya dari Dean Keamanan saja tapi juga hubungan bilateral dan multilateral," kata dia dalam pidatonya. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini