Korea Utara Diduga Tembakkan Rudal Balistik ke Perairan Jepang

Selasa, 19 Oktober 2021 19:11 Reporter : Merdeka
Korea Utara Diduga Tembakkan Rudal Balistik ke Perairan Jepang Korea utara luncurkan rudal balistik. ©REUTERS/KCNA

Merdeka.com - Militer Korea Selatan hari ini mengatakan, Korea Utara menembakkan satu rudal balistik dari kapal selam ke perairan lepas pantai Jepang.

Pyongyang memamerkan rudal itu pada Januari lalu dan mengatakan rudal itu adalah "senjata terkuat di dunia."

Dalam beberapa pekan terakhir, Pyongyang memulai serangkaian uji coba yang diklaim sebagai rudal jelajah hipersonik dan jarak jauh, dan senjata anti-pesawat.

Beberapa dari uji coba ini melanggar sanksi internasional yang ketat.

Korea Utara secara khusus dilarang oleh PBB untuk menguji coba rudal balistik serta senjata nuklir.

Dilansir dari laman BBC, Selasa (19/10), pada hari Selasa Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan satu rudal diluncurkan dari pelabuhan Sinpo, di timur Korea Utara di mana Pyongyang biasanya menempatkan kapal selamnya. Rudal itu mendarat di Laut Timur, juga dikenal sebagai Laut Jepang.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan ada dua rudal balistik yang ditembakkan dan dia menyesalkan uji coba itu.

Media Korsel melaporkan, rudal itu diyakini meluncur hingga sejauh 450 kilometer dengan ketinggian maksimal 60 kilometer.

Korea Utara terus maju dengan uji coba rudalnya karena Korea Selatan juga mengembangkan senjatanya sendiri, yang menurut pengamat telah berubah menjadi perlombaan senjata di semenanjung Korea.

Seoul baru-baru ini meluncurkan rudal dari kapal selam, dan menggelar pameran pertahanan terbesar pekan ini. Seoul juga akan segera meluncurkan roket luar angkasanya sendiri.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pekan lalu mengatakan, dia tidak ingin perang pecah lagi di Semenanjung Korea, tetapi negaranya perlu terus mengembangkan senjata untuk pertahanan diri melawan Amerika Serikat.

Reporter magang: Ramel Maulynda Rachma [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini