Koran Amerika bikin survei calon presiden Indonesia terkuat

Selasa, 9 Oktober 2012 10:53 Reporter : Faisal Assegaf
Koran Amerika bikin survei calon presiden Indonesia terkuat Prabowo Subianto. Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Surat kabar asal Amerika Serikat, the Wall Street Journal, mulai hari ini menggelar jajak pendapat tentang siapa calon presiden paling pantas buat Indonesia.

Ada lima kandidat kuat ditempatkan secara berurutan, yakni Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie, Megawati Soekarnoputeri, Jusuf Kalla, Hatta Rajasa. Sedangkan posisi terbawah adalah lima nama lagi diperkirakan bakal menjadi pesaing tak terduga, yaitu Sri Mulyani, Gita Wirjawan, Dahlan Iskan, Joko Widodo, dan pilihan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (istrinya atau Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto), seperti dilansir koran itu, Selasa (9/10).

Harian ini membuat daftar itu setelah mewawancarai para pemilih dan sejumlah pengamat.

Dalam tiga survei tahun ini, Prabowo selalu menempati urutan kedua sebagai kandidat presiden paling populer. Dia meraih dukungan 12,6 persen versi Jaringan Suara Indonesia (Agustus), 18 persen menurut Lingkaran Survei Indonesia (Juni), dan 10,6 persen kata Lembaga Survei Indonesia (Februari).

Dalam dua survei terakhir yang dilakukan dua lembaga di atas, Bakrie berada di posisi ketiga dengan sokongan 9,5 persen Jaringan Suara Indonesia (Agustus) dan 17,5 persen menurut Lingkaran Survei Indonesia (Juni).

Megawati paling tersohor dan menduduki posisi puncak dalam tiga survei itu: 15,9 persen versi Jaringan Suara Indonesia (Agustus), 18,3 persen menurut Lingkaran Survei Indonesia (Juni), dan 15,2 persen kata Lembaga Survei Indonesia (Februari).

Mantan Wakil Presiden Kalla di posisi ketiga versi Lembaga Survei Indonesia dengan raihan tujuh persen suara (Februari). Sedangkan Hatta Rajasa tidak terlalu diunggulkan karena berada di tempat ketiga dalam dua survei terakhir pada Juni dan Agustus lalu. [fas]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Amerika Serikat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini