Komnas HAM Ethiopia: Tentara Eritrea Bunuh Lebih dari 100 Warga Sipil di Tigray

Jumat, 26 Maret 2021 09:54 Reporter : Hari Ariyanti
Komnas HAM Ethiopia: Tentara Eritrea Bunuh Lebih dari 100 Warga Sipil di Tigray Anak-anak korban konflik Tigray. ©YASUYOSHI CHIBA/AFP

Merdeka.com - Komnas HAM Ethiopia (EHRC) menyampaikan, tentara Eritrea membunuh lebih dari 100 warga sipil dalam sebuah pembantaian November di wilayah Tigray yang dilanda perang, yang dapat disebut kejahatan terhadap kemanusiaan.

Temuan ini dirilis pada Rabu oleh EHRC yang berafiliasi dengan pemerintah, tetapi penyelidikan independen terpisah oleh Amnesty International dan Human Rights Watch memperkuat temuan pembunuhan yang sama di kota bersejarah Axum.

“Informasi yang dikumpulkan selama penyelidikan awal ini mengonfirmasi bahwa selama dua hari pada 28 November dan 29 November, pelanggaran berat hak asasi manusia telah dilakukan dan di Axum, lebih dari seratus penduduk dibunuh oleh tentara Eritrea," kata komisi itu, dikutip dari Al Jazeera, Jumat (26/3).

“Karena pelanggaran hak asasi manusia yang berat ini bisa menjadi kejahatan terhadap kemanusiaan atau kejahatan perang, hal itu menggarisbawahi perlunya penyelidikan komprehensif terhadap situasi hak asasi manusia secara keseluruhan di wilayah Tigray.”

Laporan terbaru muncul setelah Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed mengakui untuk pertama kalinya pasukan Eritrea telah melintasi perbatasan ke Tigray, dan menyatakan mereka mungkin terlibat dalam pelanggaran terhadap warga sipil.

Ethiopia dan Eritrea selalu menyangkal keterlibatan pasukan Asmara dalam konflik tersebut, dan menggambarkan laporan dugaan kekejaman mereka di wilayah tersebut sebagai informasi dan propaganda yang salah.

Pada akhir Februari dan awal Maret, EHRC melakukan misi pencarian fakta ke Axum, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO, setelah upaya sebelumnya untuk mencapai kota itu “terhalang oleh situasi keamanan”.

Baca Selanjutnya: Penjarahan rumah sakit...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini