Kolaborasi Israel-Facebook Bungkam Aktivis dan Jurnalis Palestina Hapus Ratusan Akun

Jumat, 8 Mei 2020 06:30 Reporter : Hari Ariyanti
Kolaborasi Israel-Facebook Bungkam Aktivis dan Jurnalis Palestina Hapus Ratusan Akun Ilustrasi Facebook. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Puluhan warga Palestina membuka Facebook mereka pada 4 Mei dan mendapati akun mereka tak bisa lagi diakses. Dalam sehari, Facebook menghapus akun lebih dari 50 jurnalis dan aktivis Palestina, bersamaan dengan pemberitahuan yang mengatakan halaman mereka telah dinonaktifkan karena "tidak mengikuti Standar Komunitas kami."

"Kami telah meninjau keputusan ini dan itu tidak dapat dibatalkan," lanjut pesan itu, mendorong pengguna untuk membaca lebih lanjut tentang Standar Komunitas Facebook.

"Mereka tidak memberikan alasan khusus, seperti status atau foto misalnya, yang melanggar pedoman mereka," kata Imad Jibreen (40), seorang jurnalis lepas dari Desa Tuqu di Tepi Barat yang diduduki kepada Middle East Eye.

"Mereka baru saja menghapus halaman kami dan mengatakan tidak ada yang bisa kami lakukan untuk mengubahnya."

Menurut data yang dikumpulkan Middle East Eye, Jibreen adalah salah satu dari setidaknya 52 warga Palestina yang terkena dampak penonaktifan, meskipun jumlah itu diperkirakan akan meningkat karena lebih banyak yang melaporkan penghapusan akun mereka.

"Saya memiliki tiga halaman Facebook yang berbeda: dua akun pekerjaan resmi dalam bahasa Arab dan Inggris, dan satu akun pribadi. Semuanya dihapus," kata Jibreen, seperti dilansir dari Middle East Eye, Kamis (7/5).

Jibreen menambahkan, sejumlah teman dan koleganya juga mendapati akunnya dihapus. Facebook tidak menanggapi permintaan komentar dari MEE terkait masalah ini.

"Saya merasa frustrasi dan kesal," kata Jibreen.

Facebook, lanjutnya, adalah salah satu platform media sosial utama yang ia gunakan untuk pekerjaan dan pribadi.

"Semua kontak dan jaringan saya: teman, keluarga, dan kontak kantor, semuanya hilang sekarang. Dan saya tidak tahu mengapa."

Baca Selanjutnya: Koordinasi dengan Israel...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini