Klaim Yoga Bisa Cegah Covid, Ribuan Dokter di India Minta Baba Ramdev Ditangkap

Kamis, 3 Juni 2021 13:00 Reporter : Hari Ariyanti
Klaim Yoga Bisa Cegah Covid, Ribuan Dokter di India Minta Baba Ramdev Ditangkap Dokter di India demo minta guru Yoga Baba Ramdev ditangkap. ©Rajat Gupta/EPA via Al Jazeera

Merdeka.com - Ribuan dokter di seluruh India menyerukan penangkapan guru yoga ternama, Baba Ramdev yang mengklaim yoga bisa mencegah Covid-19 dan menyatakan pengobatan konvensional atau medis telah membunuh ribuan pasien virus corona.

Ramdev, yang berhasil membangun kerajaan bisnis pengobatan tradisional atau alternatifnya, mengatakan bulan lalu bahwa pandemi menunjukkan obat medis atau farmasi sebagai “ilmu pengetahuan bodoh dan gagal” dan mengklaim ratusan ribu orang telah meninggal karena mereka mendapatkan pengobatan medis atau konvensional.

Dalam aksi unjuk rasa “Black Day”, foto-foto di media sosial menunjukkan para dokter membawa plakat menuntut penangakapan Ramdev, sementara dokter yang lain memakai APD bertuliskan #TangkapRamdev di belakang.

Asosiasi dokter di All India Institute of Medical Sciences (AIIMS), salah satu rumah sakit pemerintah terbesar di Delhi, menyebut pernyataan Ramdev “memalukan”.

Para dokter juga mengubah foto profil media sosial mereka gambar hitam, seperti dilaporkan wartawan Al Jazeera, Elizabeth Puranam dari New Delhi.

“Di negara seperti India di mana orang-orang cenderung mengikuti guru spiritual, guru yoga, dan terlalu membabi buta, ketika orang seperti itu, menyebarkan kesalahpahaman, misinformasi, menjadi sangat sulit bagi kami sebagai orang berbasis ilmu pengerahuan, sebagai dokter untuk membersihkan misinformasi,” jelas Dr Mehak Bhushan dari Federasi Asosiasi Dokter Residen kepada Al Jazeera.

Ramdev, pendukung setiap Perdana Menteri Narendra Modi, menarik pernyataannya setelah diminta Menteri Kesehatan India Harsh Vardhan dan Ramdev berdalih dia hanya membaca pesan WhatsApps orang lain. Namun dia kemudian memicu kemarahan yang meluas karena mengatakan dia tidak perlu vaksin virus corona karena dia dilindungi yoga dan pengobatan tradisional atau Ayurveda.

Baca Selanjutnya: Perusahaan Ramdev Patanjali Ayurved memiliki...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini