Kim Jong Un Sambut Tahun Baru dengan Ziarah ke Makam Keluarga

Jumat, 1 Januari 2021 18:29 Reporter : Hari Ariyanti
Kim Jong Un Sambut Tahun Baru dengan Ziarah ke Makam Keluarga Kim Jong Un mengunjungi Istana Matahari Kumsusan di Pyongyang untuk memberi penghomatan pada kakek d. ©KCNA via Reuters

Merdeka.com - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un menyambut tahun baru 2021 dengan berziarah ke pemakaman keluarga di mana jasad kakek dan ayahnya disemayamkan. Demikian dilaporkan media pemerintah Korea Utara, KCNA.

Kim juga mengirim kartu ucapan selamat tahun baru kepada rakyatnya. Kartu ucapan dengan tulisan tangan Kim dirilis KCNA. Namun belum ada tanda-tanda Kim akan menyampaikan pidato awal tahun sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Menjelang pergantian tahun, Kim dan pejabat senior lainnya mengunjungi Istana Matahari Kumsusan, di mana jasad ayah dan kakeknya disimpan, diawetkan dalam peti kaca. Ayahnya, Kim Jong Il dan kakeknya, Kim Il Sung juga merupakan pemimpin Korea Utara.

Dilansir Al Jazeera, Jumat (1/1), Kim juga didampingi delegasi untuk Kongres Partai Kedelapan, perkumpulan politik yang akan digelar awal bulan ini.

KCNA melaporkan, para pemimpin dan delegasi ini bersama-sama berjanji untuk “menggaungkan Kongres Partai ke-8 sebagai titik tolak dalam perkembangan Partai dan revolusi.”

Kim diperkirakan memanfaatkan kongres tersebut untuk mengumumkan rencana ekonomi lima tahun yang baru, membuat perubahan kepemimpinan, dan membuat pernyataan politik lainnya

Dalam kartu ucapan selamat tahun baru kepada rakyatnya, Kim berterima kasih karena telah memberikan kepercayaan dan dukungan bagi partai berkuasa bahkan di masa-masa sulit.

“Di tahun baru ini juga, saya akan bekerja keras untuk membawa era baru lebih cepat di mana cita-cita dan keinginan rakyat kita akan jadi kenyataan,” tulis Kim.

Saat perayaan tahun baru di Pyongyang, warga berkumpul di alun-alun utama memakai masker. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini