Kim Jong Un Perintahkan Militer Salurkan Bantuan ke Wilayah Terdampak Banjir di Korut

Senin, 9 Agustus 2021 13:00 Reporter : Hari Ariyanti
Kim Jong Un Perintahkan Militer Salurkan Bantuan ke Wilayah Terdampak Banjir di Korut kim jong un lebih kurus. ©the guardian

Merdeka.com - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, memerintahkan militer menyalurkan bantuan ke wilayah-wilayah yang terdampak banjir baru-baru ini, seperti dilaporkan media pemerintah.

Televisi pemerintah melaporkan awal pekan ini, lebih dari 1.000 unit rumah rusak dan sekitar 5.000 orang dievakuasi setelah banjir susulan.

Langkah ini dilakukan di tengah kekhawatiran krisis ekonomi dan kelangkaan makanan.

Dikutip dari BBC, Senin (9/8), lahan pertanian rusak dan Kim Jong Un menyampaikan pada Juni lalu, negara itu menghadapi masalah pasokan makanan.

Dia mengatakan saat itu, sektor pertanian gagal mencapai target panen gandum karena angin topan yang menghantam wilayah itu tahun lalu, menyebabkan banjir dan pasokan pangan bergantung pada hasil panen tahun ini.

Tayangan dari KCTV menunjukkan rumah-rumah terendam sampai atapnya, termasuk jembatan dan rel kereta api yang rusak di Provinsi South Hamgyong di timur negara itu. KCTV juga melaporkan sekitar 17 kilometer jalan dan jembatan mengalami kerusakan.

Laporan tersebut juga menyampaikan ratusan hektar lahan pertanian rusak atau hilang karena tanggul sungai ambruk.

Komisi Militer Pusat Partai Buruh yang berkuasa menggelar rapat pada Kamis lalu membahas penanggulangan pascabencana. Kim tidak menghadiri rapat tersebut, tapi pejabat partai menyampaikan pesannya bahwa militer harus menyiapkan pasokan bantuan di wilayah-wilayah terdampak.

Menurut prakiraan badan meteorologi Korut, hujan lebat diperkirakan akan berlangsung hingga 10 Agustus, dengan wilayah timur diperkirakan akan terkena hujan deras. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini