Kim Jong Un Nyatakan Korea Utara Siap Berdialog dan Konfrontasi dengan Joe Biden

Jumat, 18 Juni 2021 15:42 Reporter : Hari Ariyanti
Kim Jong Un Nyatakan Korea Utara Siap Berdialog dan Konfrontasi dengan Joe Biden Gaya Kim Jong-un Tinjau Pembangunan Apertemen. ©2021 KCNA via REUTERS

Merdeka.com - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un mengatakan negaranya harus bersiap baik untuk dialog maupun konfrontasi dengan Amerika Serikat (AS) di bawah Presiden Joe Biden. Hal ini dilaporkan media pemerintah Korea Utara, KCNA pada Jumat (18/6).

Dalam rapat pleno komite pusat Partai Buruh yang berkuasa pada Kamis, Kim menekankan strategi hubungannya dengan Washington, dan “kecenderungan kebijakan pemerintahan baru AS”.

Komentar ini menandai pertama kalinya Kim mengeluarkan pernyataan berkaitan dengan kebijakan negaranya terhadap AS sejak pelantikan Presiden Biden.

Dilansir Al Jazeera, Kim “menekankan perlunya bersiap baik untuk dialog dan konfrontasi khususnya bersiap penuh untuk konfrontasi demi melindungi martabat negara kita” dan menjamin terciptanya “lingkungan yang damai”.

Kim juga menyerukan reaksi yang tajam dan segera untuk mengatasi situasi yang cepat berubah dan upaya terkonsentrasi untuk mengendalikan stabilitas atas situasi di semenanjung Korea.

Pyongyang sebelumnya menuding Biden mengejar "kebijakan bermusuhan" dan mengatakan itu adalah "kesalahan besar" karena mengatakan akan menghadapi ancaman yang ditimbulkan oleh program nuklir Korea Utara "melalui diplomasi serta pencegahan yang keras".

Pada 2019, Korea Utara mengatakan Biden harus “dihantam sampai mati dengan tongkat”.

Baca Selanjutnya: Selama kunjungan Presiden Korea Selatan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini