Kim Jong Un Kirim Kartu Ucapan Selamat Tahun Baru untuk Rakyat Korea Utara

Jumat, 1 Januari 2021 15:24 Reporter : Hari Ariyanti
Kim Jong Un Kirim Kartu Ucapan Selamat Tahun Baru untuk Rakyat Korea Utara kim jong un. ©AP Photo

Merdeka.com - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, mengirim kartu ucapan selamat tahun baru kepada rakyatnya. Dalam kartu ucapan tersebut, dia berharap negaranya baik-baik saja di tahun 2021 ini.

Dilaporkan KCNA pada Jumat pagi, Kim mengatakan dia akan bekerja keras untuk membawa negaranya ke era baru di mana cita-cita dan keinginan rakyatnya akan jadi kenyataan. Dalam kartu ucapan itu, Kim juga berterima kasih pada rakyatnya.

“Karena selalu memberikan kepercayaan dan mendukung Partai kami bahkan di dalam masa-masa sulit,” tulisnya, dilansir Al Arabiya, Jumat (1/1).

Namun, masih belum jelas apa yang sedang direncanakan Kim. Tahun Baru sangat dinanti di Korea Utara selama bertahun-tahun karena merupakan agenda terbesar di kalender politik Korea Utara, di mana para pemimpin berpidato di hadapan rakyatnya dan dunia.

Sejauh ini, negara yang sangat tertutup ini tak menyampaikan apakah Kim akan melakukan tradisi tersebut dan secara pribadi menyampaikan pidatonya pada Jumat, atau kembali mengejutkan dunia seperti tahun lalu ketika Kim merilis lebih dari 4.000 laporan.

Kim juga kemungkinan menyimpan amunisi retorisnya untuk Kongres Partai Buruh yang direncanakan berlangsung pada awal bulan ini, salah satu agenda politik yang sangat penting sejak dia berkuasa hampir satu dekade lalu.

Pidato terakhir Kim kepada rakyatnya berlangsung Oktober lalu dalam acara parade militer. Dalam pidatonya saat itu, Kim menangis saat membahas perjuangan ekonomi dan sanksi internasional terhadap negaranya. Dia juga meluncurkan beberapa senjata baru yang dirancang untuk menyerang AS dan pasukan sekutunya, termasuk meluncurkan rudal balistik antarbenua terbesar di dunia.

Kim terakhir muncul di berita media pemerintah pada Rabu kemarin dalam sebuah laporan dia memimpin rapat Politburo. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini