Kim Jong Un ke Rusia Naik Kereta Api, Butuh Berapa Hari?

Jumat, 26 April 2019 06:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Kim Jong Un ke Rusia Naik Kereta Api, Butuh Berapa Hari? Kim Jong-un di Rusia. ©2019 REUTERS/Shamil Zhumatov

Merdeka.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berkunjung ke Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin, Rabu (24/4). Pertemuan keduanya berlangsung Kamis (25/4) di kota Vladivostok, Rusia Timur Jauh. Kim Jong Un dan Putin kemungkinan akan membicarakan tentang denuklirisasi Semenanjung Korea.

Ini adalah kali pertama Kim Jong Un mendatangi Negeri Beruang Putih itu. Berikut perjalanan panjang Kim Jong Un hingga akhirnya tiba di Rusia:

1 dari 3 halaman

Kim Jong Un Gunakan Kereta Pribadi ke Rusia

Seperti dalam kunjungannya ke Vietnam, Kim Jong Un ke Rusia juga menggunakan kereta lapis baja pribadinya. Kereta itu sudah digunakan dari masa kepemimpinan kakeknya.

Kereta yang dijuluki "Kim Jong Un Ekspress" ini memiliki banyak keistimewaan, seperti tahan dari serangan peluru. Kereta ini pula pernah membawa ayahnya, Kim Jong Il ke Rusia dan beberapa negara di Eropa Timur.

2 dari 3 halaman

Kim Jong Un Tempuh Ribuan Kilometer

Kim Jong Un memilih jalur darat menuju Rusia. Jika ditotal, ia menempuh jarak sekitar 2,790 kilometer, atau memakan waktu sekitar 2 hari lebih. Kereta Kim melintasi perbatasan Rusia-Korea Utara di Sungai Tumen dan tiba di Stasiun Khasan di sisi Rusia, Rabu pagi.

Usai singgah di stasiun Khasan, kereta yang membawa Kim Jong-un kini menuju ke kota Vladivostok, Rusia Timur Jauh, sekitar 300 kilometer dari perbatasan Rusia - Korea Utara. Perjalanan dari stasiun kereta api di Khasan ke Vladivostok memakan waktu sekitar sembilan jam.

3 dari 3 halaman

Alasan Kim Jong Un Pilih Naik Kereta ke Rusia

Sudah dua kali Kim Jong Un menggunakan kereta saat berkunjung ke negara lain. Mengapa? Karena adanya tradisi keluarga. Ayah Kim Jong Un pernah menggunakan kereta ke Rusia, dan Kakeknya menggunakan kereta ke Vietnam.

Selain itu, kereta lapis baja ini dinilai aman dari serangan peluru. Dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas keamanan lainnya.

[has]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini