Kim Jong Un Ingin Fokus Tangani Kemiskinan dan Perekonomian Korea Utara di 2022

Sabtu, 1 Januari 2022 11:21 Reporter : Hari Ariyanti
Kim Jong Un Ingin Fokus Tangani Kemiskinan dan Perekonomian Korea Utara di 2022 Kim Jong Un berkunjung ke pabrik sepatu. ©2018 KCNA via REUTERS

Merdeka.com - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un menandai 10 tahun kekuasannya dengan pidato yang lebih fokus membahas soal perekonomian daripada senjata nuklir dan Amerika Serikat. Dalam pidatonya tersebut, Kim Jong Un menyinggung soal pabrik-pabrik traktor dan seragam sekolah, menurut ringkasan yang dilaporkan media pemerintah pada Sabtu.

Tujuan utama Korea Utara di 2020 akan mulai beralih ke pembangunan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup warga ketika negara itu sedang menghadapi "perjuangan hidup dan mati yang hebat", kata Kim dalam pidatonya pada Jumat dalam penutupan Rapat Pleno ke-4 Komite Sentral ke-8 Partai Buruh Korea (WPK), yang dimulai pada hari Senin.

Agenda tersebut bertepatan dengan 10 tahun kekuasaan Kim setelah kematian ayahnya pada 2011.

Kim biasanya menyampaikan pidato menjelang tahun baru untuk mengumumkan kebijakan besar, termasuk keterlibatan diplomatik dengan Korea Utara dan AS. Tapi ringkasan pidato yang dilaporkan media pemerintah tidak menyinggung AS.

Dalam pidato itu, Kim menggarisbawahi soal krisis ekonomi dalam negeri, di mana lockdown untuk mencegah penyebaran Covid yang diterapkan Korea Utara semakin membuatnya semakin terisolasi.

"Tugas dasar yang dihadapi berbagai pihak dan rakyat tahun depan adalah memberikan jaminan yang kuat untuk melaksanakan rencana lima tahun dan membuat perubahan yang luar biasa dalam pembangunan nasional dan kehidupan masyarakat," kata Kim, dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (1/1).

Dalam sebagian besar pidatonya, Kim merinci masalah domestik, dari rencana ambisius untuk pembangunan pedesaan hingga pola makan masyarakat, seragam sekolah, dan kebutuhan untuk menindak “praktik non-sosialis”.

Dia juga menyinggung kemajuan militer sebagai pencapaian signifikan tahun lalu dan membahas "tugas militan" yang dihadapi pertahanan nasional pada tahun 2022. Pabrik traktor yang dibahas dalam pidato itu juga kemungkinan akan digunakan untuk membangun kendaraan peluncur untuk rudal, kata pengamat asing.

Fokus besar pada pembangunan pedesaan kemungkinan merupakan strategi populis, kata Chad O'Carroll, pendiri NK News, situs web berbasis di Seoul yang melacak Korea Utara.

“Secara keseluruhan, Kim mungkin sadar bahwa mengungkapkan rencana pengembangan militer yang canggih sementara orang-orang menderita kekurangan pangan dan kondisi yang keras di luar Pyongyang mungkin bukan ide yang bagus tahun ini,” tulisnya di Twitter. [pan]

Baca juga:
Korsel & AS Sepakati Rancangan untuk Akhiri Perang Korea Tanpa Libatkan Korut
Kim Jong Un Tuntut Anggota Militer Korea Utara Benar-Benar Setia pada Partai Berkuasa
Semringah Kim Jong-un Tinjau Pembangunan Kota Baru
Kim Jong Un Kunjungi Kota Baru Setelah Hilang dari Hadapan Publik Selama Sebulan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini