Kim Jong-un Dapat Gelar Baru Seperti Ayah dan Kakeknya

Senin, 11 Januari 2021 18:10 Reporter : Pandasurya Wijaya
Kim Jong-un Dapat Gelar Baru Seperti Ayah dan Kakeknya Kim Jong-un dan jenderal Korut pamer pistol. ©KCNA via REUTERS

Merdeka.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mendapat gelar baru "Sekretaris Jenderal" Partai Pekerja, gelar yang dimiliki mendiang ayah dan kakeknya kata laporan media pemerintah hari ini. Gelar yang dinobatkan pada Kongres partai ini semakin memperkuat posisi Kim Jong-un di dalam negeri di tengah keterpurukan ekonomi Korut karena sanksi internasional dan pandemi Covid-19.

Kongres partai yang masih berlangsung ini merupakan yang pertama dalam lima tahun terakhir. Pernyataan dalam kongres menyatakan Kim "dengan luar biasa menyadari misi historis untuk merampungkan rencana pembangunan nuklir," kata media pemerintah, KCNA, seperti dilansir laman the Independen, Senin (11/1).

Gelar ini bersifat simbolis karena Kim saat ini sudah menjabat sebagai pemimpin partai. Pada kongres partai 2016, Kim dinobatkan sebagai Ketua Partai, setara dengan "Sekretaris Jenderal" yang dimiliki ayahnya, Kim Jong Il dan kakeknya, Kim Il-sung. Sebelum Kongres 2016, Kim Jong-un memimpin partainya dengan gelar "Sekretaris Pertama."

Kedua mendiang pemimpin Korut memiliki gelar masing-masing, Kim Jong Il "Sekretaris Jenderal Abadi" dan Kil Il Sung "Presiden Abadi".

Dinasti Kim berkuasa di Korut sejak Kim Il Sung mendirikan negara itu pada 1948. Keluarga Kim yang dianggap memiliki garis darah keturunan Paektu, nama gunung tertinggi di Semenanjung Korea, dinobatkan sebagai yang berhak berkuasa di Korut.

Baca Selanjutnya: Sosok yang menjadi catatan juga...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Korea Utara
  3. Kim Jong Un
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini