Kim Jong-un Bersumpah akan Bangun 'Militer Tanpa Tanding'

Rabu, 13 Oktober 2021 15:18 Reporter : Merdeka
Kim Jong-un Bersumpah akan Bangun 'Militer Tanpa Tanding' Kim Jong-un beri penghargaan ilmuwan rudal balistik. ©2017 REUTERS/KCNA

Merdeka.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bersumpah akan membangun "militer yang tak terkalahkan" dalam menghadapi kebijakan bermusuhan dari Amerika Serikat, lapor media pemerintah.

Dia mengatakan pengembangan senjata adalah untuk pertahanan diri, bukan untuk memulai perang.

Kim menyampaikan sesumbarnya itu pada sebuah pameran pertahanan yang memperlihatkan berbagai rudal besar.

Korea Utara baru-baru ini menguji coba apa yang diklaimnya sebagai rudal hipersonik dan anti-pesawat. Sementara itu Korea Selatan baru-baru ini menguji senjata yang diluncurkan dari kapal selamnya sendiri.

Dalam pidatonya di pameran Bela Diri 2021 yang diadakan di Ibu Kota Pyongyang, Kim berbicara tentang pembangunan militer di Korea Selatan dan mengatakan Korea Utara tidak ingin melawan tetangganya itu.

"Kami tidak membahas perang dengan siapa pun, melainkan untuk mencegah perang itu sendiri dan secara harfiah meningkatkan pencegahan perang untuk perlindungan kedaulatan nasional," jelas Kim, seperti dilansir dari laman BBC, Rabu (14/10).

Pada kesempatan itu Kim juga menuduh AS memicu ketegangan antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Dia mengatakan tidak ada sejarahnya Korea Utara percaya AS tidak bermusuhan.

Presiden AS Joe Biden telah berulang kali mengatakan bersedia untuk berunding dengan Korea Utara, namun menuntut Pyongyang menghentikan program senjata nuklirnya sebelum sanksi dapat dilonggarkan. Korea Utara sejauh ini menolak.

Reporter magang: Ramel Maulynda Rachma [pan]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Korea Utara
  3. Kim Jong Un
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini