Khawatir dampak pengumuman Trump, Kedubes AS di Jakarta imbau warganya untuk waspada

Kamis, 7 Desember 2017 14:36 Reporter : Pandasurya Wijaya
Demo Trump di Kedubes AS. ©AFP PHOTO/Bay Ismoyo

Merdeka.com - Kedutaan Besar Amerika Serikat dalam situs resminya memperingatkan warga mereka untuk waspada menyusul pengumuman Presiden Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

"Pengumuman pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan rencana pemindahan Kedutaan dari Tel Aviv ke Yerusalem bisa memicu protes, sebagian berpotensi menimbulkan kekerasan. Kedutaan AS di Jakarta mengingatkan warga AS untuk hati-hati dan waspada terhadap keamanan masing-masing," demikian pernyataan Kedutaan AS di situs resminya hari ini, Kamis (7/12).

Tak hanya itu, pihak Kedutaan AS juga meminta warga mereka untuk memantau berita teranyar dan mengikuti saran dari pihak berwenang.

"Hindari unjuk rasa dan berhati-hatilah jika berada di tengah kerumunan massa yang sedang berdemonstrasi."

Presiden Amerika Serikat Donald Trump hari ini secara resmi mengumumkan Yerusalem sebagai ibu kota Israel dalam pidatonya di Gedung Putih.

"Hari ini kita akhirnya mengakui: Yerusalem adalah ibu kota Israel," kata Trump, seperti dilansir harian the New York Times, Kamis (7/12).

Dengan pengumuman ini maka Trump memerintahkan Kementerian Luar Negeri AS untuk memulai proses pemindahan kedutaan dari Tel Aviv ke Yerusalem. [pan]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.