Kerusuhan Napi Berujung Penembakan di Penjara Guatemala, 7 Orang Tewas

Rabu, 8 Mei 2019 07:49 Reporter : Merdeka
Kerusuhan Napi Berujung Penembakan di Penjara Guatemala, 7 Orang Tewas Ilustrasi Penembakan. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Penembakan terjadi di dalam penjara Guatemala pada Selasa (7/5) waktu setempat. Pihak berwenang mengatakan sejumlah orang dilaporkan tewas dan 17 orang lainnya terluka dalam insiden tersebut.

Menurut laporan Washington Post yang dikutip Rabu (8/5), Polisi Sipil Nasional mengatakan ketiga orang yang tewas dalam penembakan itu adalah tahanan di Pavon Rehabilitation Model Farm di Fraijanes, sekitar 10 mil (17 kilometer) timur Kota Guatemala.

Sejumlah media menyebut pihak berwenang mengatakan kini sudah mengendalikan situasi penjara setelah terjadi kerusuhan pada Selasa pagi dini hari.

"Pasukan keamanan telah masuk dan mengendalikan lapas. Mengenai jumlah narapidana yang meninggal, ada tujuh yang dikonfirmasi. Itu adalah angka awal," ujar juru bicara sistem penjara Guatemala, Carlos Morales.

Sementara, seorang juru bicara petugas pemadam kebakaran, Mario Cruz, mengatakan tujuh orang tewas dan 17 lainnya cedera dalam insiden rusuh berujung penembakan tersebut. "Sejauh ini kami telah mengeluarkan tujuh jasad dan kami sedang menunggu yang terakhir," kata Cruz.

Camilo Gilberto Morales selaku Direktur Sistem Pemasyarakatan Guatemala, mengatakan tembakan di satu bagian penjara tampaknya berasal dari pertengkaran antar tahanan.

"Menurut informasi awal, itu adalah konfrontasi antara seorang narapidana dalam keadaan mabuk, menembaki narapidana lain," katanya kepada saluran televisi lokal TN23.

Seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri setempat mengatakan para pejabat masih mengumpulkan informasi tentang insiden penembakan itu.

Penjara Pavon, sekitar 10 mil (16 km) dari ibu kota Guatemala, menampung lebih dari 4.100 tahanan, menurut data resmi. Pada 2016, kerusuhan di penjara yang sama menewaskan 14 orang.

Reporter: Tanti Yulianingsih

Sumber : Liputan6.com [ray]

Topik berita Terkait:
  1. Penembakan
  2. Guatemala
  3. Narapidana
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini