Keanehan Media Massa Mesir Saat Beritakan Meninggalnya Mursi

Rabu, 19 Juni 2019 11:38 Reporter : Tim Merdeka
Keanehan Media Massa Mesir Saat Beritakan Meninggalnya Mursi Muhammad Mursi. alarabiya.net

Merdeka.com - Kematian mantan Presiden Mesir Mohammed Mursi menjadi sorotan berbagai media internasional sejak Senin, 17 Juni 2019. Namun hal itu tak terjadi di media massa dan televisi Mesir.

Sebuah laporan oleh Al Jazeera mengungkap, hampir tidak ada media yang menjadikan kematian Mursi sebagai berita utama. Dalam sebagian besar koran, kabar itu hanya dimasukkan pada bagian dalam tanpa sorotan bersama dengan kasus-kasus kriminal lainnya.

Surat kabar online swasta Mada Masr mengatakan bahwa satu-satunya koran yang memberitakan kematian Mursi di halaman depannya adalah Al-Masry Al-Youm. Dengan sebagian besar yang lain hanya menerbitkan artikel berita hanya dalam 42 kata. Adapun status Mohammed Mursi sebagai mantan presiden ataupun kepala negara yang digulingkan, tidak pernah disebutkan, kata Al Jazeera dikutip Rabu (19/6).

Tiga surat kabar utama milik Negeri Piramida menggambarkan sang mantan presiden sebagai terdakwa. Hal senada juga dikabarkan di saluran televisi satelit Mesir, yang turut menampilkan organisasi Ikhwanul Muslimin sebagai kelompok teroris dalam berita duka tersebut.

Surat kabar terbesar milik pemerintah Al Ahram menerbitkan berita kematian Mursi di pinggiran halaman keempatnya, dengan judul: "Kematian Mohamed Mursi selama persidangannya dalam kasus spionase".

Liputan koran Al Akhbar serupa, termasuk satu baris judul: "Kematian Mohamed Mursi selama persidangannya."

Sementara Al Gomhuria menerbitkan paragraf pendek di bagian bawah halaman ketiga di bawah judul yang sama.

Sementara itu, hingga hari ini, tdak ada pernyataan resmi dari kepresidenan Mesir atau Abdel Fatah al-Sisi mengenai kematian Mursi.

Pemimpin pertama Mesir yang terpilih secara demokratis itu pingsan saat tampil di pengadilan pada hari Senin. DIa kemudian dinyatakan meninggal di rumah sakit Kairo dalam usia 67 tahun. Pemakaman Mursi pun tak disiarkan dan dijaga ketat militer.

Reporter: Siti Khotimah

Sumber: Liputan6.com [ian]

Topik berita Terkait:
  1. Muhammad Mursi
  2. Mesir
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini