Kapal Selam AS Tabrakan dengan 'Objek Tak Dikenal' di Laut China Selatan

Jumat, 8 Oktober 2021 14:52 Reporter : Hari Ariyanti
Kapal Selam AS Tabrakan dengan 'Objek Tak Dikenal' di Laut China Selatan USS Connecticut. ©Getty Images via BBC

Merdeka.com - Belasan pelaut AS terluka setelah kapal selam nuklir menabrak “objek yang tak dikenal” saat menyelam di sekitar Laut China Selatan.

Sebanyak 15 pelaut mengalami luka ringan ketika kapal selam USS Connecticut bertabrakan dengan sebuah benda pada Sabtu, menurut pejabat AS. Mereka juga menyampaikan penyebab tabrakan belum jelas.

Dilansir BBC, Jumat (8/10), insiden tersebut terjadi ketika ketegangan meningkat di kawasan sengketa tersebut ketika baru-baru ini China menerbangkan pesawat tempurnya di zona pertahanan udara Taiwan.

Seorang juru bicara Angkatan Laut AS menyampaikan, kapal selam tersebut kini menuju wilayah AS di Guam.

“Pabrik dan ruang propulsi nuklir USS Connecticut tidak terdampak dan masih beroperasi penuh,” jelas juru bicara ini dalam sebuah pernyataan, menambahkan kerusakan keseluruhan terhadap kapal selam itu masih diperiksa.

Kapal selam USS Connecticut di salah satu kawasan yang paling diperebutkan di dunia. China mengklaim sebagian besar Laut China Selatan, tapi negara-negara di sekitarnya dan AS tidak setuju.

Filipina, Brunei, Malaysia, Taiwan, dan Vietnam telah memperdebatkan klaim China itu selama beberapa dekade tetapi ketegangan terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. AS mendukung negara-negara ini terkait sengketa Laut China Selatan.

Insiden ini terjadi beberapa pekan setelah AS, Inggris, dan Australia menyepakati pakta keamanan bersejarah di Asia Pasifik, yang dinilai sebagai upaya melawan China. Melalui pakta Aukus ini, AS berbagi informasi dengan Australia untuk membangun kapal selam bertenaga nuklirnya sendiri.

Baca juga:
Malaysia Panggil Dubes China Setelah Kapalnya Masuki Laut China Selatan
Posisi Strategis Indonesia di Tengah Ketegangan AS-China
Menhan Prabowo Sebut Masalah Laut China Selatan Harus Dihadapi dengan Realistis
Kapal Perang AS USS Ronald Reagen Memasuki Laut China Selatan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini