Junta Myanmar Tambah Lima Dakwaan Korupsi Bagi Aung San Suu Kyi

Minggu, 16 Januari 2022 19:03 Reporter : Pandasurya Wijaya
Junta Myanmar Tambah Lima Dakwaan Korupsi Bagi Aung San Suu Kyi Aung San Suu Kyi. ©RFA

Merdeka.com - Junta militer Myanmar menambah dakwaan lima kasus korupsi terhadap pemimpin sipil Aung San Suu Kyi yang hingga kini masih ditahan sejak terjadinya kudeta militer pada Februari tahun lalu. Suu Kyii dianggap korupsi karena memberi izin menyewakan dan membeli sebuah helikopter, kata seorang pejabat.

Kasus korupsi lainnya adalah Suu Kyi dianggap terlibat dalam dugaan suap dan penyalahgunaan kekuasaan terkait kasus real estate.

Suu Kyi sebelumnya sudah disidang untuk lima kasus korupsi juga. Masing-masing dakwaan bisa diancam dengan hukuman maksimal 15 tahun penjara dan denda.

Laman Aljazeera melaporkan, Minggu (16/1), selain itu dia juga sudah didakwa bersalah untuk kasus lain dan dihukum enam tahun penjara karena mengimpor dan memiliki alat komunikasi walkie-talkie dan melanggar aturan pembatasan Covid-19.

Para pendukung Suu Kyi dan kelompok pembela hak asasi mengatakan kasus yang dituduhkan itu semuanya dibuat-buat oleh militer untuk membenarkan tindakan kudeta mereka dan mencegah Suu Kyi kembali ke dunia politik.

"Tidak seorang pun berada di atas hukum. Saya hanya ingin katakan dia akan diadili sesuai hukum," kata juru bicara pemerintah Mayor Jenderal Zaw Min Tun ketika ditanya soal kasus ini dalam jumpa pers Jumat lalu.

Militer mengambil alih kekuasaan dari Aung San Suu Kyi dan partainya, Liga Nasional untuk Demokrasi pada 1 Februari lalu.

Militer beralasan mereka melakukan itu karena pemilu November 2020 yang memenangkan Suu Kyi dan partainya penuh kecurangan. Namun sejumlah kelompok pemantau independen mengatakan tidak cukup bukti atas kecurangan itu.

Menurut datda dari kelompok pembela hak asasi Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP), sejak peristiwa kudeta sudah 1.469 orang tewas dan 11.500 lainnya ditahan oleh junta. [pan]

Baca juga:
Suu Kyi
Suu Kyi
Brutalnya Taktik Militer Myanmar: Bakar Desa dan Bantai Warga Secara Sistematis
Kumpulan Foto Terbaik Peristiwa Dunia Sepanjang 2021
Cerita Mereka yang Bertaruh Nyawa Demi Melaporkan Kudeta kepada Dunia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini