Julian Assange segera tinggalkan kedutaan Ekuador

Senin, 18 Agustus 2014 17:02 Reporter : Ardini Maharani
Julian Assange segera tinggalkan kedutaan Ekuador Julian Assange adakan konferensi pers di kedutaan Ekuador. rt.com ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Pendiri situs WikiLeaks Julian Assange mengatakan bakal segera meninggalkan kedutaan Ekuador di Ibu Kota London, Inggris. Dia mengambil langkah ini demi menghindari ekstradisi ke Swedia.

Stasiun televisi CNN melaporkan, Senin (18/8), Assange tidak menjelaskan alasannya secara rinci namun mengakui salah satunya masalah kesehatan. "Saya memang akan segera meninggalkan kedutaan namun apa pun alasannya bukan seperti yang Anda kira," ujar Assange.

Didampingi Menteri Luar Negeri Ekuador Ricardo Patino, pihaknya menyambut baik keinginan Assange. Dua tahun sudah lelaki itu tinggal di kedutaan dan kini sudah saatnya bebas.

Sementara pihak Swedia ingin segera menginterogasi Assange atas tudingan pemerkosaan pada seorang perempuan dan kasus pelecehan seksual lain diduga dilakukan oleh Assange. Dia membantah keras tuduhan itu dan mengatakan otoritas mempunyai motif politik di balik tudingan itu.

Patino juga mengatakan jaksa Swedia telah mengabaikan tawaran bukti-bukti kesalahan tudingan dari Assange melalui konferensi video atau mengirimkan jaksa itu ke kedutaan Ekuador untuk bertemu langsung dengan Assange. "Sebab itu kasus ini bergulir bertahun-tahun. Ini ketidak adilan bagi Assange maupun dua perempuan jadi korban itu," ujar Patino.

Jika Assange diekstradisi ke Swedia, dia khawatir bakal dikirim ke Amerika Serikat sebab di sana dia bakal menghadapi tuntutan mati lantaran menerbitkan dokumen rahasia pemerintah Negara Adidaya itu melalui WikiLeaks. Pengadilan Negeri Kota Stockholm diwakili oleh Hakim Lena Egelin mengatakan Assange tetap dalam penyelidikan kejahatan seks pada dua relawan WikiLeaks dan dia harus ditahan di satu tempat. [din]

Topik berita Terkait:
  1. Inggris
  2. Julian Assange
  3. Wikileaks
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini